Cari Berita

Kegiatan

Testimoni

  • Gregorius Tsiompah

    Gregorius Tsiompah



    Pendidikan tinggi adalah investasi masa depan, itulah yang menjadi motivasi pada saat saya

  • Syahrudin

    Syahrudin



    UNRIYO khususnya Prodi Teknik Informatika telah mengubah hidup saya....Pada awalnya saya adalah

  • Alfons Hilarius Magang

    Alfons Hilarius Magang



    Ilmu yang saya dapat di S1 Kesehatan Masyarakat UNRIYO serta pengalaman dalam beorganisasi, dan

Dosen Karyawan dan Mahasiswa UNRIYO Melakukan Donor Darah

Dosen Karyawan dan Mahasiswa UNRIYO Melakukan Donor Darah

UNRIYO – Bertempat di parkiran kampus 1 Universitas Respati Yogyakarta sejumlah dosen karyawan dan mahasiswa melakukan donor darah, Rabu (24/02). Acara tersebut di motori oleh Unik Kegiatan Mahasiswa Merepal ( mapala ). Dalam  pelaksanaan kegiatan donor darah kali ini, jumlah Dosen, karyawan dan Mahasiswa yang hadir untuk menyumbangkan darahnya sebanyak enam puluh delapan orang. Berdasarkan perhitungan, kantong darah yang terkumpul sebanyak empat puluh tuju kantong. Dua puluh satu orang tidak memenuhi persyaratan kesehatan untuk dapat melakukan donor darah.

Donor darah merupakan suatu kegiatan yang positif. Dari sudut medis menyumbang darah baik bagi kesehatan. Selain itu, donor darah akan membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung dan masalah jantung lainnya. Penelitian menunjukkan, mendonorkan darah akan mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh. Walau masih perlu penelitian lanjutan untuk memastikan hal tersebut, kelebihan zat besi diduga berperan menimbulkan kelainan pada jantung. Kelebihan itu akan membuat kolesterol jahat (LDL) membentuk aterosklerosis (plak lemak yang akan menyumbat pembuluh darah).

Volume darah akan kembali normal 24 jam setelah melakukan donor darah. Sel-sel darah merah akan dibentuk kembali dalam waktu 4-8 minggu. Jadi, pendonor tidak perlu khawatir akan kekurangan darah. Menyumbang darah sama sekali tidak akan mengurangi kekuatan tubuh.

Ketua Tim Panitia Asep Hidayat yang merupakan mahasiswa Prodi Teknik Informatika mengatakan, donor darah mempunyai dua motivasi, yaitu untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan darah dan untuk kesehatan kita sendiri. Dia juga menambahkan, “Donor darah merupakan wujud Bakti Sosial yang di selenggarakan UKM Marepal setiap tahunnya. Kegaiatan in merupakan bagian dari  acara ulang tahun Marepal yang jatuh pada tanggal 8 Februari ”.


Berita Terkait

PUSDATIN

Kegiatan Sehari Bersama Respati

Sistem Informasi

Fakultas Sains Dan Teknologi

Pelantikan Komisariat PPNI

Kirim Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
j7EjCS


Halaman Lain