Cari Berita

Kegiatan

Testimoni

  • Gregorius Tsiompah

    Gregorius Tsiompah



    Pendidikan tinggi adalah investasi masa depan, itulah yang menjadi motivasi pada saat saya

  • Syahrudin

    Syahrudin



    UNRIYO khususnya Prodi Teknik Informatika telah mengubah hidup saya....Pada awalnya saya adalah

  • Alfons Hilarius Magang

    Alfons Hilarius Magang



    Ilmu yang saya dapat di S1 Kesehatan Masyarakat UNRIYO serta pengalaman dalam beorganisasi, dan

KBK Mengacu KKNI Dengan Metode Blok Prodi S1 Ilmu Keperawatan Resmi Diterapkan Di TA 2014/2015

Proses pendidikan adalah proses yang berkelanjutan, setiap proses memerlukan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan mempertimbangkan apakah kurikulum yang dilaksanakan sudah sesuai dan efektif serta mampu menciptakan lulusan yang berkompeten.

Pendidikan tinggi keperawatan kini telah berubah, perubahan yang mendasar adalah peralihan dari model kurikulum pendidikan berbasis konten menuju model kurikulum pendidikan berbasis kompetensi (KBK) dengan mengacu standar KKNI. Kompetensi yang diharapkan tentu yang dapat memenuhi dan menggabungkan antara tuntutan stakeholders dan juga visi misi pada program studi (prodi) yang ada di lingkungan FIKES baik itu kesehatan ataupun keperawatan karena masyarakat memiliki tuntutan tertentu terhadap lulusan pendidikan tinggi, termasuk lulusan kesehatan/keperawatan. Demikian juga tujuan pembelajaran kini lebih dikenal dengan istilah outcomes dan kompetensi sehingga pendidik dalam hal ini dosen keperawatan dituntut untuk dapat merumuskan pengetahuan dan skill apa saja yang diperlukan untuk menjadi perawat yang kompeten.

Kurikulum ini mulai disusun dari tahun 2013, dengan beberapa seminar dan workshop serta serangkaian uji coba dan perubahan, maka dengan bantuan dari Tim Kurikulum Keperawatan UGM akhirnya Kurikulum KBK Prodi S1 Keperawatan selesai dan akan diterapkan pada Tahun Ajaran 2014/2015. Meski sedikit terlambat, semoga S1 Keperawatan Respati dapat menjadi salah satu prodi keperawatan yang menghasilkan lulusan-lulusan terbaik bagi pembangunan negara Indonesia.....amin


Berita Terkait

Lounching Penggunaan CBT

Program Studi D IV Bidan Pendidik UNRIYO Menyelenggarakan Seminar Pakar

Kerjasama FIKES UNRIYO Dengan CAS UI

Workshop Peninjauan Kurikulum

KBK Mengacu KKNI Dengan Metode Blok

Kirim Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
8tHgHQ


Halaman Lain