Cari Berita

Kegiatan

Testimoni

  • Gregorius Tsiompah

    Gregorius Tsiompah



    Pendidikan tinggi adalah investasi masa depan, itulah yang menjadi motivasi pada saat saya

  • Syahrudin

    Syahrudin



    UNRIYO khususnya Prodi Teknik Informatika telah mengubah hidup saya....Pada awalnya saya adalah

  • Alfons Hilarius Magang

    Alfons Hilarius Magang



    Ilmu yang saya dapat di S1 Kesehatan Masyarakat UNRIYO serta pengalaman dalam beorganisasi, dan

Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Dan Sosialisasi Penelitian Nasional Di Universitas Respati

Tri Dharma Perguruan Tinggi mewajibkan perguruan tinggi selain melaksanakan melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Sayangnya, untuk pelaksanaan dharma penelitian, belum menjadi tradisi yang mengakar kuat di kalangan dosen . Berbagai kendala sering menjadi ‘kambing hitam’ seperti misalnya, beban mengajar, masalah ‘klasik’ pendanaan maupun proses pembuatan proposal yang selain membutuhkan kemauan untuk menulis, juga begitu banyak hal-hal teknis yang perlu diperhatikan.

Sejak tahun 2011 sesuai dengan kebijakan Ditjen Dikti, sebagian kegiatan penelitian yang bersifat multi tahun telah dilimpahkan kewenangan pengelolaannnya ke perguruan tinggi melalui program Hibah Penelitian Desentralisasi. Kebijakan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan budaya meneliti bagi para dosen serta merangsang terbentuknya kelompok-kelompok peneliti handal secara merata di seluruh perguruan tinggi Indonesia.

Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) melalui Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) bergandengan tangan dengan Biro Sumber Daya Manusia berupaya untuk mendorong dan memfasilitasi para dosen dalam melaksanakan kegiatan penelitian dengan menyelenggarakan acara Pelatihan Penulisan Proposal Penulisan dan Sosialisasi Penelitian Nasional selama dua hari pada tanggal 9 dan 10 September 2013 bertempat di Kampus II UNRIYO, Jl Raya Tajem, Maguwoharjo, Sleman.

Narasumer pelatihan ini adalah adalah Prof. Dr. Kamsul Abraha (Universitas Gajah Mada), Prof. Dr. Endang Caturwati (STSI Bandung) serta Ir. Sumartono (Ditlibtabmas DIKTI). Materi pelatihan ini antara lain Kebijakan program dan Kegiatan di Ditlitabmas Ditjen Pendidikan Tinggi, Penelitian Desentralisasi dan Kompetitif Nasional, Rencana Induk Penelitian (RIP) dan Sistem Penjamin Mutu Penelitian Perguruan Tinggi (SPMP-PT).

Selain materi tersebut, peserta juga mendapat kesempatan untuk mendengarkan sharing pengalaman peneliti yang berhasil mendapatkan dan melaksanakan Hibah Penelitian Ditjen Pendidikan Tinggi. Peserta juga dipersilahkan mempresentasikan proposalnya untuk direview dalam sesi ‘Klinik dan Diskusi Proposal Penelitian’.

Pelatihan ini diikuti 101 peserta baik dosen di lingkungan UNRIYO maupun beberapa dosen dari perguruan tinggi swasta lain di Yogyakarta. Peserta pelatihan ini diharapkan akan mempunyai pengetahuan dan keterampilan penguasaan metodologi penelitian yang terkait dengan teknik penyusunan penelitian, serta terdorong untuk membuat proposal penelitian untuk diajukan sebagai usulan pada setiap tahunnya. Para peserta juga diharapkan akan mendesimenasikan penelitiannya melalui tulisan-tulisan ilmiah baik di jurnal-jurnal terakreditasi berskala nasional maupun internasional.


Berita Terkait

Festival Olahraga Lansia Dan Pra-Lansia

Seminar Dan Workshop Perawatan Luka

Kuliah Umum "Hukum Udara Internasional" dan "Alur Laut Kepul

Mencari Mahasiswa Bertalenta Kesenian

Laporan Auditor Independen 2016

Kirim Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
y0oWzJ


Halaman Lain