Cari Berita

Kegiatan

Testimoni

  • Gregorius Tsiompah

    Gregorius Tsiompah



    Pendidikan tinggi adalah investasi masa depan, itulah yang menjadi motivasi pada saat saya

  • Syahrudin

    Syahrudin



    UNRIYO khususnya Prodi Teknik Informatika telah mengubah hidup saya....Pada awalnya saya adalah

  • Alfons Hilarius Magang

    Alfons Hilarius Magang



    Ilmu yang saya dapat di S1 Kesehatan Masyarakat UNRIYO serta pengalaman dalam beorganisasi, dan

Pelatihan Preceptor Mentor

D III Kebidanan dan D IV Bidan Pendidik Pelatihan ”Preseptor Mentor”, untuk membantu pembimbing Klinik Keperawatan dalam melaksanakan tugasnya. Pendidikan dan pengembangan kebidanan perlu di arahkan untuk dapat menghasilkan bidan yang memiliki ilmu pengetahuan atau ilmu kebidanan yang mendalam dan menguasai metode ilmiah, serta menerapkannya dalam asuhan kebidanan pada klien, baik sebagai individu, keluarga, dan kelompok masyarakat tertentu. Seiring dengan perkembangan di atas, kurikulum pendidikan pun mengalami pergeseran orientasi dengan berbasis pada kompetensi yang harus dicapai oleh setiap mahasiswa atau karyawan melalui tahapan-tahapan dalam proses pembelajaran yang harus dapat di ukur dan terarah pencapaian kompetensinya.

Perubahan kurikulum pendidikan kebidanan yang lebih berorientasi pada kompetensi (KBK) tentu memberikan implikasi pada berbagai perubahan termasuk dalam kesiapan tenaga pembimbing klinik dalam memberikan bimbingan agar mencapai kompetensi yang diinginkan. Pada kondisi ini maka peranan seorang Clinikal Instruktur (CI) sangat penting dalam setiap tahapan praktik peserta didik sejak di tatanan laboratorium sampai pada tatanan klinik atau lapangan yang nyata.

Pelatihan ini dilaksanakan dua hari sabtu dan minggu tanggal 15 dan 16 Maret 2014 di University Hotel Yogyakarta dengan mendatangkan narasumber yang berpengalaman di bidangnya yaitu Siti Romlah, SKM., MKM dan Indra Supradewi, SKM., MKM dengan susunan acara sebagai berikut :

Pada hari senin, 15 Maret 2014  kegiatan dimulai dari registrasi peserta pada pukul 07.00 sampai dengan jam 08.00, acara selanjutnya dilanjutkan sambutan oleh ketua panitia, KPS D III kebidanan dan KPS D IV Bidan pendidik, terakhir oleh Dekan Universitas Respati Surakarta, acara sambutan selesai pada pukul 08.30 kemudian acara dilanjutkan coffe break, dan materi I dari Ibu Siti Romlah, diselingi ishoma dan kemudian dilanjutkan materi ke II masih dengan Ibu Siti Romlah. Dan acara hari pertama selesai pada pukul 16.00 WIB

Hari ke dua Minggu, 16 Maret 2014 hari kedua pelatihan yang dimulai dengan registrasi peserta pada pukul 07.00, kemudian coffe break dan dilanjutkan materi pertama oleh Ibu Indra Supradewi sampai dengan pukul 12.00. Selesai materi pertama dilanjutkan ishoma dan dilanjutkan materi ke dua praktik preseptor mentor dengan diskusi kelompok kemudian dilanjutkan presentasi hasil dari kelompok masing-masing.


Berita Terkait

Mengeksplorasi Yogya Lewat Fotografi

Kerja Sama Prodi Akuntansi dengan KAP Kuncara

Seminar Nasional

Seminar Nasional Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam Rangka Memperin

Mencari Mahasiswa Bertalenta Kesenian

Kirim Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
FBhtPz


Halaman Lain