Cari Berita

Kegiatan

Testimoni

  • Gregorius Tsiompah

    Gregorius Tsiompah



    Pendidikan tinggi adalah investasi masa depan, itulah yang menjadi motivasi pada saat saya

  • Syahrudin

    Syahrudin



    UNRIYO khususnya Prodi Teknik Informatika telah mengubah hidup saya....Pada awalnya saya adalah

  • Alfons Hilarius Magang

    Alfons Hilarius Magang



    Ilmu yang saya dapat di S1 Kesehatan Masyarakat UNRIYO serta pengalaman dalam beorganisasi, dan

Prinsip dan Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Pelayanan Kesehatan dan Industri

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu aspek perlindungan tenaga kerja yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. Dengan menerapkan teknologi pengendalian keselamatan dan kesehatan kerja, diharapkan tenaga kerja akan mencapai ketahanan fisik, daya kerja, dan tingkat kesehatan yang tinggi. Disamping itu keselamatan dan kesehatan kerja dapat diharapkan untuk menciptakan kenyamanan kerja dan keselamatan kerja yang tinggi. Jadi, unsur yang ada dalam kesehatan dan keselamatan kerja tidak terpaku pada faktor fisik, tetapi juga mental, emosional dan psikologi.

Ketentuan mengenai K3 berlaku untuk seluruh dunia kerja, baik yang bekerja di Pelayanan Kesehatan maupun di perusahaan . Meskipun ketentuan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja telah diatur sedemikian rupa, tetapi dalam praktiknya tidak seperti yang diharapkan. Begitu banyak faktor di lapangan yang mempengaruhi kesehatan dan keselamatan kerja seperti faktor manusia, lingkungan dan psikologis. Masih banyak perusahaan yang tidak memenuhi standar keselamatan dan kesehatan kerja. Begitu banyak berita kecelakaan kerja yang dapat kita saksikan. Bila memerhatikan isi dari pasal diatas maka jelaslah kalau Rumah Sakit (RS) termasuk kedalam persyaratan tempat kerja dengan beragam ancaman bahaya yang bisa menyebabkan efek kesehatan, bukan sekedar pada beberapa pelaku  yang bekerja di RS, namun juga pada pasien ataupun pengunjung RS.

Oleh karena itu Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta ( UNRIYO )  dalam setiap tahun mengadakan acara General Lecture yang terkait dengan K3. Acara General Lecture  untuk tahun ini bertemakan “’Prinsip dan Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Pelayanan Kesehatan dan Industri”yang akan diselenggarakan di Aula Lantai 5 Kampus 2 Universitas Respati Yogyakarta  pada tanggal 14 Mei 2018  dengan peserta mahasiswa angkatan 2015 yang berjumlah 185.

Kegiatan ini akan mengundang dua narasumber. Nara sumber yang pertama dari PT Sari Husada  bagian K3 atas nama Bapak  M. Sukaelan S.H. M.Kes yang akan menyampaikan topik tentang “Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Di Perusahaan” dan nara sumber ke dua berasal dari RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten bagian Unit K3 RS atas nama Bapak  Edi Widihartono S.Kep.,Ns yang akan berbicara tentang “Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di RS”  Mahasiswa setelah mengikuti acara ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang penerapan kesehatan dan keselamatan kerja di pelayanan kesehatan dan industri.


Berita Terkait

Sertifikat Pelatihan Teknologi Jaringan dan Multimedia Bagi SMK

Prodi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNRIYO Sudah

Dosen UNRIYO Lulusan Terbaik Dalam Wisuda Pascasarjana UGM

Angkat Sumpah Dan Pelantikan Ners

Angkat Sumpah Dan Pelantikan Ners

Halaman Lain