Cari Berita

Kegiatan

Testimoni

  • Gregorius Tsiompah

    Gregorius Tsiompah



    Pendidikan tinggi adalah investasi masa depan, itulah yang menjadi motivasi pada saat saya

  • Syahrudin

    Syahrudin



    UNRIYO khususnya Prodi Teknik Informatika telah mengubah hidup saya....Pada awalnya saya adalah

  • Alfons Hilarius Magang

    Alfons Hilarius Magang



    Ilmu yang saya dapat di S1 Kesehatan Masyarakat UNRIYO serta pengalaman dalam beorganisasi, dan

Prodi Kesmas Unriyo Labmasy Di Widodomartani

Agenda rutin tahunan Proram Studi Kesehatan Masyarakat (Prodi Kesmas) adalah melepas mahasiswa semester VIII (semester terakhir) untuk melaksanakan Laboratorium Masyarakat (Labmasy) . Labmasy merupakan tahap akhir dari proses perkuliahan yang mekanisme kegiatan seperti kuliah kerja nyata (KKN). Tahap ini mahasiswa secara komprehensif menerapkan ilmunya yang pernah diperoleh selama tujuh semester sebelumnya untuk diaplikasikan di masyarakat.

Senin 17 Februari 2014 bertempat di Balai Desa Widodomartani dilaksanakan acara penyerahan mahasiswa untuk melaksanakan Labmasy di 19 dusun di wilayah Widodomartani. Secara resmi sebanyak 123 mahasiswa Prodi Kesmas UNRIYO dilepas untuk mulai melaksanakan Labmasy selama sebulan penuh. Hadir pada acara tersebut Lurah Widodomartani, Bapak Heruyono , ST beserta staf, Muspika serta Kepala Puskesmas Ngemplak Drg. Isah Listiani serta para Kepala Dusun di mana mahasiswa akan ditempatkan.

Berbeda dengan kegiatan Labmasy sebelumnya, kali ini Labmasy dilaksanakan dalam kondisi lokasi masih diselimuti abu Gunung Kelud. Kondisi ini menuntut peran serta para mahasiswa untuk bersama-sama masyarakat bergandengan tangan memulihkan kondisi lingkungan sehingga kembali bersih dan sehat.

Selama sebulan mahasiswa akan melakukan berbagai kegiatan yang diawali dengan community analysis (analisis komunitas) dengan observasi dan pengambilan data demografi pada minggu pertama serta temuan kasus di lapangan untuk ditindaklanjuti dalam bentuk intervensi. Pengalaman Labmasy yang mewajibkan mahasiswa berinteraksi dengan masyarakat , akan melatih mahasiswa untuk mendengar dan melihat permasalahan yang sesungguhnya di tingkat akar rumput, sehingga kelak akan menjadi bekal berharga ketika mereka menjadi pemimpin atau pembuat kebijakan diharapkan akan lebih arif dan aspiratif.


Berita Terkait

Seminar Pakar, Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan

Prodi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNRIYO Sudah

Kerjasama

Modern Wound Management Dalam Menjawab Kebutuhan Perawat Yang Handal Untuk

Pelatihan Pembimbing Lahan Rumah Sakit Prodi S1 llmu Gizi

Halaman Lain