Cari Berita

Kegiatan

Testimoni

  • Gregorius Tsiompah

    Gregorius Tsiompah



    Pendidikan tinggi adalah investasi masa depan, itulah yang menjadi motivasi pada saat saya

  • Syahrudin

    Syahrudin



    UNRIYO khususnya Prodi Teknik Informatika telah mengubah hidup saya....Pada awalnya saya adalah

  • Alfons Hilarius Magang

    Alfons Hilarius Magang



    Ilmu yang saya dapat di S1 Kesehatan Masyarakat UNRIYO serta pengalaman dalam beorganisasi, dan

Webinar A-Z Broadcasting Gelaran Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO

Webinar A-Z Broadcasting Gelaran Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO

YOGYAKARTA – Awal tahun baru 2021 Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Respati Yogyakarta memberikan semangat baru kepada mahasiswa-mahasiswa ilmu komunikasi dengan menggelar Webinar Penyiaran yang menghadirkan narasumber praktisi industri televisi, Wahyudi, Produser Digital di RTV (Rajawali Televisi), Kamis (7/1) lalu via Zoom Meeting.

Tema yang diangkat seputar "A-Z Broadcasting" dengan harapan mahasiswa ilmu komunikasi UNRIYO mendapatkan ilmu seputar media penyiaran khususnya konten dgital. 

“Kami berharap awal tahun baru ini dengan menghadirkan praktisi media televisi menjadikan mahasiswa tetap semangat senang belajar broadcasting dan mendapatkan wawasan serta ilmu baru yang semakin memperkaya apa yang telah mereka dapatkan selama ini,” terang Dian Rhesa Rahmayanti, Ketua Prodi S-1 Ilmu Komunikasi UNRIYO. “Dan broadcasting ini merupakan peminatan di prodi kami selain fotografi jurnalistik,” tambahnya.

Mahasiswa dan dosen ilmu komunikasi yang menjadi peserta diajak diskusi dengan narasumber yang membagikan pengetahuan dan pengalamannya dalam industri broadcasting. Berawal dari teknologi digital yang mempengaruhi kebiasaan masyarakat dalam menikmati siaran program acara televisi yang saat ini dapat menyaksikan program acara televisi dan berbagai  konten audio visualnya secara mobile. Termasuk perkembangan dari munculnya industri dan konten digital yang dikembangkan berbagai media televisi saat ini.

“Persaingan media saat ini tidak hanya persaingan antara 1 televisi dengan televisi yang lain, namun televisi juga bersaing dengan para content creator, youtuber dalam membuat sebuah program acara,” ujar Wahyudi dalam webinar ini. “Sehingga, peluang untuk berkecimpung di konten digital dari sebuah media penyiaran televisi sangat terbuka lebar dan itu tidak hanya sebagai reporter, kameraman, editor yang mungkin selama ini masyarakat ketahui,” lanjut Produser Digital RTV yang sudah malang melintang di dunia broadcasting ini.

Kurang lebih selama 1,5 jam dengan dimoderatori oleh Triyanto, Kepala Laboratorium Televisi dan Radio UNRIYO ini antusisme ditunjukkan peserta webinar selama webinar ini. Berbagai pertanyaan muncul dari mahasiswa membuat diskusi semakin berwarna. Salahsatunya Oktavia Damayanti, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNRIYO angkatan 2018 mempertanyakan konten TikTok yang menjadi bahan konten di televisi. Begitu pula dengan Putri Ratu Balqist yang mempertanyakan tips atau cara agar tidak baper dalam pekerjaan. 

“Gimana yah mas tipsnya untuk tidak baper dalam kondisi tekanan pekerjaan yang kadang dimarahin oleh atasan karena melakukan kesalahan,” Tanya Balqist, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNRIYO angkatan 2019 yang juga Duta Wisata Makassar 2019.

Guna menambah semangat mahasiswa dalam mengikuti webinar ini, diakhir sesi webinar diadakan doorprize bagi mahasiswa yang beruntung dapat menjawab pertanyaan yang diberikan. (CS/TR)


Follow INSTAGRAM: @ikom.respati

FACEBOOK: Prodi Ilmu Komunikasi Unriyo

YOUTUBE CHANNEL: Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO


Berita Terkait

Pelatihan Pembimbing Lahan Rumah Sakit Prodi S1 llmu Gizi

Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO Selenggarakan Seminar dan Workshop Reorientasi

SYAWALAN DI KEDIAMAN PENDIRI YAYASAN PENDIDIKAN RESPATI

Seminar Nasional Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam Rangka Memperin

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO, Warhi Pandapotan Rambe dan Dian Rhesa R

Halaman Lain