Cari Berita

Kegiatan

Testimoni

  • Gregorius Tsiompah

    Gregorius Tsiompah



    Pendidikan tinggi adalah investasi masa depan, itulah yang menjadi motivasi pada saat saya

  • Syahrudin

    Syahrudin



    UNRIYO khususnya Prodi Teknik Informatika telah mengubah hidup saya....Pada awalnya saya adalah

  • Alfons Hilarius Magang

    Alfons Hilarius Magang



    Ilmu yang saya dapat di S1 Kesehatan Masyarakat UNRIYO serta pengalaman dalam beorganisasi, dan

Workshop Penyusunan Soal (Item Development) Dan Analisis Soal (ITEM REVIEW)

Pendidikan yang berkualitas akan melahirkan mutu lulusan (sumber daya manusia) yang memiliki daya saing yang tinggi dan mempunyai kompetensi yang dapat memenuhi tuntutan pengguna. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 1796/Menkes/Per/VIII/2011 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan disebutkan bahwa setiap tenaga kesehatan yang akan menjalankan pekerjaannya wajib memiliki STR (Surat Tanda Registrasi). Untuk memperoleh STR, tenaga kesehatan harus memiliki ijazah dan sertifikat kompetensi. Ijazah dan sertifikat kompetensi diberikan kepada peserta didik setelah dinyatakan lulus ujian program pendidikan dan uji kompetensi.

Untuk menghadapi uji kompetensi tenaga kesehatan tersebut maka diperlukan workshop Penyusunan Soal(Item Development) dan Analisis Soal (Item Review) bagi tenaga dosen khususnya di lingkungan Program Studi D III Kebidanan dan D IV Bidan Pendidik Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta yang bertujuan agar setiap dosen mampu menyusun soal-soal untuk mencapai kompetensi mata kuliah secara optimal, mempunyai validitas yang tinggi dengan analisis yang dapat diterima secara nasional serta dapat terbentuk bank soal sebagai persiapan Uji Kompetensi tahun 2014.

Workshop ini diadakan pada tanggal 28-29 Maret 2014 di Ruang Rapat Kampus II Universitas Respati Yogyakarta. Acara yang diadakan selama dua hari ini menghadirkan seorang narasumber yang telah berpengalaman di dalam penyusunan soal uji kompetensi secara nasional, yaitu Ibu Dewi Purwaningsih, S.SiT, M.Kes, beliau juga saat ini menjabat sebagai Ketua Program Studi D III Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung. Peserta dalam Workshop Penyusunan Soal (Item Development) dan Analisis Soal (Item Review) ini adalah seluruh dosen D III Kebidanan dan D IV Bidan Pendidik Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta sebanyak 43 orang. Materi yang diberikan dalam Workshop Penyusunan Soal (Item Development) dan Analisis Soal (Item Review) ini adalah kompetensi esensial dari mata ajar, penyusunan dan kriteria soal yang baik, dan teknik-teknik review soal.

Setelah pemaparan materi oleh narasumber, kemudian dilakukan diskusi kelompok dimana setiap kelompok membahas soal sesuai blue print yang telah ditentukan lalu dianalisis. Soal yang telah dianalisis kemudian dipresentasikan untuk ditanggapi kepada peserta kelompok lain dan narasumber. Pada akhir workshop, peserta diminta untuk mengumpulkan soal yang telah dianalisis yang kemudian akan disatukan menjadi bank soal sebagai persiapan uji kompetensi nasional.


Berita Terkait

Kegiatan Amal Donor Darah

Prodi HI Unriyo bersiap menjadi program studi unggulan

Pelantikan Komisariat PPNI

Wisuda UNRIYO Periode I Tahun 2015

Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Dan Sosialisasi Penelitian Nasional

Kirim Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
nAHAFh


Halaman Lain