Cari Berita

Kegiatan

Testimoni

  • Gregorius Tsiompah

    Gregorius Tsiompah



    Pendidikan tinggi adalah investasi masa depan, itulah yang menjadi motivasi pada saat saya

  • Syahrudin

    Syahrudin



    UNRIYO khususnya Prodi Teknik Informatika telah mengubah hidup saya....Pada awalnya saya adalah

  • Alfons Hilarius Magang

    Alfons Hilarius Magang



    Ilmu yang saya dapat di S1 Kesehatan Masyarakat UNRIYO serta pengalaman dalam beorganisasi, dan

Sejarah


Sejarah

Yayasan Pendidikan Respati disingkat Yapen Respati dahulunya bernama Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Respati yang didirikan dengan akte notaris Imas Fatimah, SH no 28 tahun 1978 tanggal 16 Oktober 1978 beralamatkan di Jalan Karbela Barat No. 11, Karet Setia Budi, Jakarta Selatan, Telp. (021) 525-3687/520-1872 dengan susunan pengurus sebagai berikut:

  1. Drs. H. Widodo Suparno, Penanggung/Ketua merangkap anggota
  2. Ny. Hj. Mugiarti R. Joyosubroto, bendahara merangkap anggota
  3. Sugeng Pranoto, sebagai anggota

Sedangkan pengurus yayasan periode 2004 s.d. 2006 adalah sebagai berikut:

Ketua        : Hj. Mugiarti Widodo

Sekretaris  : Toni Sugiarso, SE, M.Kom

Bendahara : Dra. Suparmi Hartoyo, M.Kes

Kemudian pada tanggal 12 Desember 2006 dilakukan perubahan berdasarkan Akta Notaris Tri Hendria Ana, SH  No.02 nama dan tempat menjadi Yayasan Pendidikan Respati yang beralamatkan di Jalan Laksda Adisucipto km 6,3 Caturtunggal Depok Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan Pengurus :

Pembina      : Hj. Mugiarti Widodo

Ketua         : Ir. Tri Pomo Hendratno

Sekretaris   : Ir. Dharma Setiawan

Bendahara  : drg.RR.Sonya Dewi Wulansari

Pengawas   : Kartika Sari

Pengertian Arti nama “Respati“ menurut kamus jawa “Purwodarminto” maka kata “Respati“ mempunyai tiga penegertian, yaitu:

  • Usaha yang menyenangkan hati masyarakat
  • Haqkul Yakin
  • Nama hari kamis

Nama Respati berasal dari bahasa Sansekerta (Jawa Kuno) yang mempunyai arti dan makna Respati = NGERESEPAKE ATI dalam bahasa Indonesianya Meresap Ke dalam Hati yang paling dalam. Sehingga diharapkan segala kegiatan-kegiatan yang dilakukan akan demikian seperti maknanya demi untuk kepentingan bangsa dan negara.

Penggagas dan pendiri Yapen Respati adalah Prof. H. Widodo Suparno, yaitu dengan menyelenggarakan pendidikan tingkat dasar dan menengah (TK, SD, SMP , SMA, SMEA, SIM dan SMIP), kemudian Akademi Manajemen Respati (AMRI) pada tahun 19080 dan terus berkembang pada tahun 1986 berdirilah Universitas Respati Indonesia  (URINDO)  Jakarta,  dengan  program  Studi  Ekonomi,  Pertanian,  Teknologi Informasi, Manajemen  Informatika, Kesehatan MAsyarakat, Kebidanan D4 dan Keperawatan S1, Program Pasca Sarjana: M.Kes, M.MARS, MM, dan M.Si. Selanjutnya pada  tahun 2002 di Kota Tasikmalaya Jawa Barat didirikan Sekolah Tinggi  Ilmu Kesehatan (STIKES) Respati Tasikmalaya, menyusul Satu tahun kemudian tahun 2003 mendirikan di Kota Yogyakarta yaitu Sekolah Tinggi  Ilmu Kesehatan Respati Yogyakarta dan Sekolah  Tinggi  Teknologi  Informasi Respati Yogyakarta.

Untuk lebih mengembangkan penyelenggaraan pendidikan, pada  tahun  2008  STIKES Respati dan  STTI  Respati Yogyakarta dilebur menjadi  satu sesuai terbitnya  SK Mendiknas  RI  No.  233/D/0/2008 perihal Ijin Penyelenggaraan Universitas  Respati  Yogyakarta  (UNRIYO) dengan 3 Fakultas yang terdiri dari :

Fakultas Ilmu Kesehatan, meliputi Prodi :  D3 Kebidanan, D4 Kebidanan/Bidan Pendidik, S1 Ilmu Keperawatan, Program Pendidikan Profesi Ners, S1 Ilmu Gizi, dan S1 Kesehatan Masyarakat. Untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing lulusan, dibangun Rumah Sakit Pendidikan merencanakan pendirian beberapa program studi baru. Dan semua prodi di lingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan telah terakreditasi “ B “.

Fakultas Sains dan Teknologi, meliputi Prodi : D3 Manajemen Informatika, S1 Sistem Informasi, S1 Teknik Informatika, dan S1 Teknik Elektro – Peminatan utama Elektromedik.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, meliputi Prodi : S1 Hubungan Internasional, S1 Akuntansi, S1 Sastra Inggris, dan S1 Ilmu Komunikasi.

Perkembangan  institusi pendidikan  yang  diselanggarakan  oleh  Yapen  Respati  tidak  lepas  dari  komitmen  yang  tinggi Yayasan untuk mencerdaskan anak bangsa melalui berbagai bidang  ilmu. Untuk itu, UNRIYO mengundang kepada para lulusan SLTA/sederajat maupun masyarakat untuk bergabung demi mewujudkan cita-cita dan untuk kehidupan di masa depan yang jauh lebih baik dan berkualitas. Informasi terkait dengan program-program unggulan yang ditawarkan UNRIYO dan informasi penunjangnya dapat disimak lebih lanjut dalam Profil  ini  sebagai panduan bagi  calon mahasiswa  serta masyarakat yang membutuhkan. UNRIYO pilihan  tepat untuk masa depan saudara. Selamat bergabung.

BERSAMA RESPATI RAIH PRESTASI

CEO Respati

 

Prof. H. Widodo Suparno


Halaman Lain