Cari Berita

Kegiatan

Testimoni

  • Gregorius Tsiompah

    Gregorius Tsiompah



    Pendidikan tinggi adalah investasi masa depan, itulah yang menjadi motivasi pada saat saya

  • Syahrudin

    Syahrudin



    UNRIYO khususnya Prodi Teknik Informatika telah mengubah hidup saya....Pada awalnya saya adalah

  • Alfons Hilarius Magang

    Alfons Hilarius Magang



    Ilmu yang saya dapat di S1 Kesehatan Masyarakat UNRIYO serta pengalaman dalam beorganisasi, dan

Minta Izin Kepala Sekolah dan Orangtua Siswa, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Ini Dampingi Belajar Daring Anak-Anak SD di Sebatik Barat

Minta Izin Kepala Sekolah dan Orangtua Siswa, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Ini Dampingi Belajar Daring Anak-Anak SD di Sebatik Barat

YOGYAKARTA – Penyebaran COVID-19 yang belum usai dan sekolah masih menerapkan pembelajaran di rumah saja membuat sebagian mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE), Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) tergerak untuk melakukan aksi nyata mendampingi anak-anak SD dalam belajar di rumah. Aksi tersebut terlihat jelas dalam salah satu program kegiatan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi yang mengikuti kegiatan KKN FISE UNRIYO Tahun 2021 bertema “Peningkatan Resiliensi Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19” secara luring dan daring selama 1 bulan mulai 5 Juli – 3 Agustus 2021.

    Maslizah, salah satu peserta KKN yang tergabung dalam kelompok 8 melihat kesempatan ini merupakan hal yang sangat penting untuk mendampingi anak-anak di SDN 004 Sebatik Barat, Nunukan, Kalimantan Utara dalam belajar di rumah. Karena masih banyak siswa yang belum mengerti bagaimana belajar tanpa guru yang mendampingi.

    “Dengan adanya KKN FISE UNRIYO 2021 ini saya dapat membantu anak-anak SD kelas 1 dan 2 dalam mengerjakan tugas sekolah maupun mendampingi dalam penjelasan materi yang diberikan oleh guru melalui media sosial,” ujarnya.

    Mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2018 ini juga menceritakan di tengah suasana pandemi COVID-19 bagaimana dia harus terlebih dahulu meminta izin kepala sekolah untuk mengajar siswanya dan juga satu persatu ke orang tua murid untuk dapat melakukan pendampingan terhadap anak mereka dalam belajar online yang di lakukan di salah satu rumah anak terdekat.

     “Alhamdulillah, setelah saya jelaskan secara detail tujuan dan model kegiatanya, kepala sekolah dan orang tua murid yang anaknya akan mengikuti edukasi pendampingan belajar merasa sangat senang sekali. Bahkan merasa terbantukan karena mereka selalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga kadang lupa untuk mengajar anaknya,” terang Maslizah yang melaksanakan KKN di daerahnya Sebatik Barat ini.

    Lain halnya dengan Heryanto yang senang dengan dunia digital marketing dan editing video ini ke dalam bentuk program kegiatan individu di Desa Onggomertan, Sleman, Yogyakarta dengan membuat akun sosial media bisnis khususnya Instagram untuk pelaku UMKM untuk membantu memasarkan dan meningkatkan penjualan produk UMKM. Begitu pula dengan Khoirul Umam yang mengaplikasikan keilmuan komunikasinya ke dalam bentuk program kegiatan individu dengan memberikan bimbingan cara melayani pelanggan dengan baik dan benar serta cara penataan barang kepada pemilik toko Sauki, Mekarwangi, Bekasi Barat.

    “Khusus bagi mahasiswa ilmu komunikasi yang mengikuti program KKN ini saya tekankan kepada mereka bahwa KKN ini sebagai ajang mereka untuk belajar menganalisa problem masyarakat dan mencari solusinya dengan menerapkan skill dan kemampuan ilmu komunikasi yang sudah didapatkan di kampus,” kata Mohammad Solihin, Dosen Prodi S-1 Ilmu Komunikasi FISE UNRIYO ini.

    “Mereka sangat semangat dan antusias mengabdikan dirinya untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19 di sekitar lingkungan tempat tinggalnya masing-masing tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan mendapatkan ijin pejabat setempat,” tambahnya yang juga menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN kelompok 7 dan 8 dengan total diikuti 75 mahasiswa peserta KKN FISE UNRIYO yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari 4 prodi yaitu Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Hubungan Internasional, Prodi Akuntansi, dan Prodi Sastra Inggris. (cs)


Berita Terkait

Prodi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNRIYO Sudah

2 PTS Naik Daun, Ada 9 Prodi di Beberapa PTS Ditutup

Sistem Informasi

Dr.Istri Yuliani, S.SiT.,M.Sc Lulus Doktor

Kuliah Pakar Kebencanaan

Halaman Lain