Tingkatkan Kualitas Soal, Prodi Kebidanan UNRIYO Gelar Workshop Item Development dan Item Review Soal Uji Kompetensi Profesi Bidan Tanggal 5-8 Juli 2021

Sesuai dengan UU No 4 tahun 2019 tentang kebidanan pasal 16  ayat 1 dan 2 menyatakan bahwa mahasiswa kebidanan pada akhir masa pendidikan vokasi atau pendidikan profesi harus mengikuti uji kompetensi yang bersifat nasional. Uji kompetensi Nasional dilaksanakan untuk menjamin mutu lulusan secara nasional sehingga mereka dapat bekerja diseluruh tatanan pelayanan kesehatan diseluruh wilayah Indonesia. 

    Untuk mendapatkan soal baik dan berkualitas harus melalui tiga (3) tahap yaitu proses pembuatan soal (Item Development), penelaahan soal (Item Review) dan Panel oleh para ahli (Panel Expert). Soal  kategori baik akan masuk ke Bank Soal, yang selanjutnya akan dijadikan bahan soal uji kompetensi nasional. Menyikapi hal tersebut  Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi  Universitas Respati Yogyakarta  menyiapkan diri dalam hal ini para dosen agar mampu menghasilkan soal baik dan berkualitas melalui workshop Item Development dan Item Review Soal Uji Kompetensi Profesi Bidan.

    Workshop diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 5-8 Juli 2021, dilakukan secara daring,  karena masih dalam situasi Pandemi Covid-19. Workshop diikuti oleh seluruh dosen Prodi Kebidanan Program Sarjana, Prodi Pendidikan Profesi Bidan Prodi Profesi dan Prodi DIII Kebidanan. Workshop ini bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia  (AIPKIND), hal ini sesuai peran AIPKIND dalam pendampingan prodi dalam pelaksanaan pendidikan kebidanan. Adapun tujuan workshop adalah tersusunnya soal uji kompetensi  sesuai dengan standar nasional. Soal uji kompetensi baik dan berkualitas terpilih untuk disimpan pada Item Bank Regional  dan selanjutnya di review di propinsi dan soal baik akan dikirim ke Item Bank Nasional / AIPKIND Pusat untuk selanjutnya direview sehingga nantinya akan diperoleh soal baik dan berkualitas tingkat nasional.


Adapun materi dan Narasumber kegiatan workshop ini  adalah:

  • Ketua AIPKIND Pusat Ibu Dra Ibu  Dra Jumiarni Iljas, M.Kes
  • Sekretaris AIPKIND Pusat Ibu Yetty  Irawan, M.Sc 
  • Ibu Rize Budi Amalia S.Keb.Bd,M.Kes.

FOLLOW
INSTAGRAM :@pendidikanprofesibidan.unriyo
FACEBOOK : Sarjana Profesi Bidan Unriyo
YOUTUBE : Kebidanan Sarjana Profesi UNRIYO

.

Berita Sebelumnya UNRIYO Mengadakan Pengabdian Masyarakat di Desa Gading, Gunung Kidul
Berita Selanjutnya Selamat Datang! Mahasiswa Baru Angkatan 2021 Prodi S-1 Ilmu Komunikasi FISE UNRIYO