Visi

Menjadi Program Studi Kebidanan yang unggul untuk menghasilkan tenaga bidan profesi yang profesional dalam pelayanan kebidanan komplementer tradisional alternatif dan berjiwa wirausaha pada tahun 2038

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan kebidanan yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan bidan profesi yang unggul dalam pelayanan kebidanan komplementer tradisional alternatif dan berjiwa wirausaha.
  2. Melaksanakan penelitian ilmiah di bidang kebidanan komplementer tradisional alternatif terkini dan bermutu yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak serta pembangunan.
  3. Menerapkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi kebidanan komplementer tradisional alternatif melalui pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi peningkatan derajat kesejahteraan masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama di lingkup nasional dan internasional untuk mendukung pengembangan pelayanan kebidanan komplementer tradisional alternatif.

Unggul :

Program Studi Kebidanan Program Sarjana menghasilkan prestasi-prestasi di bidang tridharma PT baik di level nasional maupun internasional (Asia) serta menghasilkan output yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat

Profesional :

Program Studi Kebidanan Program Sarjana mencetak lulusan yang berkompeten, bertanggungjawab dan mampu bekerja sebagai mitra perempuan dari masa remaja, pranikah, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas dan menyusui, bayi baru lahir, bayi, balita dan anak pra sekolah, pelayanan kontrasepsi dan kesehatan reproduksi

Pelayanan Kebidanan Komplementer Tradisional Alternatif :

Penerapan asuhan kebidanan non konvensional dengan lingkup intervensi tubuh dan pikiran, pengobatan farmakologi dan biologi serta diet dan nutrisi untuk pencegahan dan pengobatan yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan melalui upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dengan memanfaatkan ilmu biomedis dan biokultural yang terbukti secara ilmiah

Wirausaha :

Program Studi Kebidanan Program Sarjana mempunyai cita-cita dapat membentuk lulusan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri secara mandiri

Peluang Kerja

Prodi S-1 Kebidanan UNRIYO menghasilkan SDM yang profesional dan berjiwa wirausaha yang dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Mendirikan Praktik Mandiri Bidan
  2. Bekerja pada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota
  3. Bekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Dalam dan Luar Negeri)
  4. Bekerja sebagai pembimbing klinik (Preseptor dan Mentor) pada Pusat Pelayanan Kesehatan
  5. Bekerja sebagai enumerator penelitian kesehatan ibu dan anak

Berwirausaha dalam bidang Komplementer Tradisional Alternatif, diantaranya instruktur senam dan yoga untuk kesehatan ibu dan anak, terapis mom/baby massage and spa, konsultan gizi terkait kesehatan ibu dan anak, herbalis kebidanan dll

Kompetensi

  1. Care Provider:

Lulusan profesi bidan mampu memberikan asuhan kebidanan secra komprehensif dan profesional yang fokus pada keunikan perempuan, untuk mencapai reproduksi sehat, pencapaian peran ibu dan kualitas masa pengasuhan anak.

Lingkup praktik meliputi masa remaja, pranikah, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas dan menyusui bayi baru lahir, bayi dan balita, pelayanan kontrasepsi, dan kesehatan reproduksi. Asuhan kebidanan berfokus pada upaya promosi , edukasi dan konseling termasuk deteksi dini asalah dan komplikasi, penanganan awal kegawatdaruratan, rujukan, konsultasi dan kolaborasi. Pelayanan tersebut melibatkan keluarga dan masyarakat, didukung dengan kemampuan komunikasi, pengambilan keputusan berdasarkan pemikiran kritis, kepekaan, prinsip partnership. Standar dan kode etik profesi dan penggunaan teknologi tepat guna yang mendukung proses kealamiahan.

  1. Communicator:

Lulusan profesi bidan berperan sebagai komunikator dalam memberikan informasi dan edukasi, mengkomunikasikan kebijakan, menyampiakan argumen/pemikiran atau karya inovasi yang bermanfaat bagi keluarga, masyarakat dan pengembangan profesi.

  1. Community Leader:

Lulusan profesi bidan berperan sebagai penggerak dan pemberdaya masyarakat untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat khususnya perempuan, ibu dan anak dengan memanfaatkan ppotensi dan sumber daya yang tersedia.

  1. Decision Maker:

Lulusan profesi bidan berperan sebagai pengambil keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, etis dan sistematis.

  1. Manager:

Lulusan profesi bidan berperan sebagai pengelola pada layanan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi perempuan, keluarga berencana dengan memperhatikan potensi dan sumber daya secara efektif efisien.

Informasi Selengkapnya

Kunjungi website program studi S1-Kebidanan   Klik Disini

Daftarkan dirimu sekarang untuk bergabung dengan UNRIYO di 2021.

Raih gelar pendidikan tinggi Anda di Universitas Respati Yogyakarta. Anda akan menemukan pengalaman belajar untuk membentuk karakter yang berintegritas, serta didukung dengan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk mengembangkan potensi Anda.