Ada Artis dan Pakar Di Kuliah Online Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO Selama Pandemi Covid-19, Ada Apa?

YOGYAKARTA – Memang ada yang tidak biasa selama pandemi Covid-19 yang berdampak pada perkuliahan mahasiswa Prodi S-1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) yang diharuskan belajar di rumah masing-masing. Pasalnya, mahasiswa mendapatkan kejutan kuliah online spesial menghadirkan narasumber atau dosen tamu dari artis hingga para pakar di bidangnya.

    Kuliah bertajuk “From Home Get Boom” yang berlangsung mulai Selasa (5/5) hingga Senin (18/5) lalu dalam kuliah online “Expert Class” ini merupakan kuliah pakar atau publik figur sebagai solusi dari kejenuhan mahasiswa kuliah online di rumah masing-masing selama pandemi Covid-19.

    “Selain mahasiswa juga dosen akan banyak belajar, berdiskusi dan berbagi pengetahuan dengan orang-orang hebat. Dan inilah yang menjadi keunggulan di prodi kami bagi mahasiswa. Selain belajar dengan dosen yang kompeten juga bisa belajar langsung bersama para pakar atau publik figur dan artis,” ungkap Dian Rhesa Rahmayanti, Ketua Prodi S-1 Ilmu Komunikasi, FISE, UNRIYO.

    Sebut saja artis dan musisi Maia Estianti yang sudah mengisi kuliah online sebagai dosen tamu memberikan materi “Komunikasi Musik” yang menjadi salah satu mata kuliah unggulan Prodi Ilmu Komunikasi, FISE, UNRIYO pada Selasa (5/5) lalu. Sebagaimana ungkapan yang diposting oleh Maia Estianty di akun instagramnya @maiaestiantyreal. 

    “Hari Kamis kemaren, walaupun #dirumahaja, tapi sempat mengajar anak kampus Jogja... Universitas Respati Yogyakarta. Mata Kuliah Komunikasi Musik, Prodi Ilmu Komunikasi, Fak. Ilmu Sosial dan Ekonomi. Thanks Bang Potan... Teknologi melancarkan segalanya...,” kata Maia dalam akun instagramnya.

    Sementara itu, Selasa (12/5) pagi dan sore ada dua kuliah online bersama narasumber Prof. Dr. Widodo Muktiyo, S.E., M.Com., Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, yang memberikan paparan materi tentang “Memerangi Hoax dan Disinformasi di Tengah Pandemi Covid-19”. Sedangkan narasumber Nufi Wardhana, musisi muda Jogja yang berhasil memberikan sentuhan nuansa berbeda dalam sebuah lagunya almarhum Didi Kempot, menyampaikan tentang “Komunikasi Musik”.

    Begitu pula dengan Darwis Triadi yang merupakan fotografer professional terkenal pada Kamis (14/5) menjadi dosen tamu dengan memberikan materi seputar “Fotografi” dan lanjut Senin (18/5) live dari Auckland, New Zealand oleh Ibnu Darmawan, yang merupakan Head Chef of Leader Group, Its Java Auckland, New Zealand, mengisi materi tentang “Sociopreneurship”. 

    “Kami berharap pembelajaran online bersama publik figur dan artis ini dapat memberikan pengalaman baru serta semangat baru bagi mahasiswa di tengah wabah virus corona yang mengharuskan mereka belajar di rumah masing-masing,” ujar Warhi Pandapotan Rambe, dosen Prodi Ilmu Komunikasi yang menginisiasi kegiatan ini untuk memberikan “angin segar” bagi mahasiswa. “Kegiatan kuliah online ini tidak berhenti selama wabah pandemi virus corona saja, namun tetap akan berlanjut bersama artis dan publik figur yang lainnya dengan kemasan yang berbeda tentunya,” lanjut dosen yang akrab disapa Bang Potan ini. (cs)

.

Berita Sebelumnya Ini Dia Program Literasi Digital Bagi Kaum Muda Indonesia Timur
Berita Selanjutnya Angkat Sumpah dan Pelatikan Ners Angkatan ke XIII Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati…