<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

YOGYAKARTA (ILKOM) - Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi,  Universitas Respati Yogyakarta menggelar “Communication Science Awayday” bertemakan “Etika Sosial” pada Rabu (24/04/2024) lalu di Aula Lantai 5 Kampus 2 Jalan Raya Tajem KM.1,5, Maguwoharjo, Depok, Kenayan, Wedomartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan dihadiri seluruh mahasiswa aktif Ilmu Komunikasi UNRIYO beserta dosen Ilmu Komunikasi dan para undangan dari beberapa kampus luar.

Seminar ini menghadirkan pembicara dari dosen Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof. Pawito, Ph.D. dan Dr. W. Pandapotan Rambe, M.Si selaku dosen ilmu komunikasi UNRIYO sebagai moderator.

“Berkembangnya etika sosial, atau bahkan rumpun etika secara luas, dipengaruhi oleh berbagai entitas dalam masyarakat termasuk misalnya agama, sejarah, sering kali juga kebiasaan-kebiasaan yang sudah lama berlaku,” kata Prof. Pawito yang juga menekankan kepada seluruh mahasiswa yang hadir agar memperhatikan penggunaan bahasa dan busana yang sopan kepada sesama sebagai bentuk penerapan etika sosial.

Pertanyaan demi pertanyaan dari beberapa mahasiswa membuktikan keantusiasan peserta dalam seminar tersebut. Seperti yang ditanyakan oleh Fajar.

“Apa tanggapan Bapak terhadap SDM warga Indonesia yang dinilai rendah oleh orang-orang luar?,” tanya mahasiswa ilmu komunikasi semester akhir ini.

“Untuk menanggapi hal tersebut, dibutuhkan pendidikan tinggi yang layak untuk mengembangkan SDM di Indonesia yang lebih baik” Jawab Prof. Pawito dengan jelas.

Akhir dari acara ini Prof Pawito memberikan simpulan bahwa derasnya arus global dapat berpengaruh pada etika sosial manusia, sehingga beberapa kalangan menyarankan untuk mengutamakan kualitas. (Penulis: Rosanta. Editor: CS)

 

 

Follow INSTAGRAM: @ilkom_unriyo
https://www.instagram.com/ilkom_unriyo/

FACEBOOK: Prodi Ilmu Komunikasi Unriyo
https://web.facebook.com/prodiilmukomunikasiunriyo

YOUTUBE CHANNEL: Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO
https://www.youtube.com/channel/UCbQ2dD2dEDhE3pw9DqTt2GA/featured

.

Berita Sebelumnya Mount Education Angkatan XIII ”TRASHBAG” Mahasiswa Respati Pecinta Alam
Berita Selanjutnya Yeay! Serunya PKKMB ILKOM UNRIYO 2022 Secara Luring, Mahasiswa Baru Dapat Kejutan Dari Orangtuanya