<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

YOGYAKARTA, INFORMATIKA UNRIYO – Program Studi Informatika Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) akan mendampingi pelaku UMKM dari sisi promosi dan pemasaran produk secara online. Setidaknya ada 120 UMKM di Kapanewon Banguntapan Bantul yang akan dibina.  

Ketua Prodi Informatika Program Sarjana Fakultas Sains dan Teknologi Unriyo, I Wayan Ordiyasa mengatakan, pendampingan ini merupakan bentuk dukungan dari pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Mereka akan menerjunkan dosen dan mahasiswa untuk membantu Kapanewon Banguntapan mengimplementasikan teknologi informasi kepada UMKM. 

“Pembinaan UMKM ini meliputi pembina pada bidang pertanian dan perdagangan dengan melibatkan 120 UKM. Nantinya juga akan dibina pemasaran dan promosi melalui website dan media sosial,” katanya, dalam keterangan tertulisnya Minggu (6/2/2022). Sebelumnya telah dilakukan penandatangan kerja sama antara Unriyo dengan Kapanewon Banguntapan dalam pengembangan UMKM ini, Jumat (4/2/2022) lalu.

Selain itu juga akan dilakukan penelitian oleh dosen Fakultas Sains dan Teknologi khususnya pada bidang pertanian dan perdagangan dengan metode penelitian menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Penelitian akan dilakukan mulai bulan ini dan teknis akan dibahas lebih lanjut, sebagai pedoman pelaksanaan agar berjalan lancar.

Untuk bidang pertanian, dosen akan melaksanakan penelitian untuk mencegah hama seperti burung yaitu dengan menggunakan teknologi internet of thing. Nantinya akan dirancang teknologi pengusir burung secara otomatis. Prodi Informatika juga memiliki kegiatan instalasi dan service laptop/notebook dari sisi program/software-nya yang biasanya dilaksanakan mahasiswa Prodi Informatika secara rutin tiap 1 tahun.

https://yogya.inews.id/berita/prodi-informasi-unriyo-dukung-pemasaran-produk-umkm-di-bantul-secara-online

 

.

Berita Sebelumnya Ingin Jadi Official Photographer Club Liga 1? Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNRIYO Undang Fotografer…
Berita Selanjutnya Keluarga Dan Masyarakat Sehat Bersama Perawat