<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

Pelatihan Pemetaan Google Earth untuk Aparat BPBD dan Aparat Kalurahan di Kabupaten Sleman: Membuka Pintu Dunia Melalui Peta, Menguatkan Kesiapsiagaan Bencana.


Sleman, 16/11/2023 – Nurhadi Wijaya, Dosen Prodi Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UNRIYO menjadi narasumber utama dalam pelatihan pemetaan menggunakan aplikasi Google Earth yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman. Kegiatan ini merupakan salah satu langkah strategis dalam hal pengelolaan data dan Informasi sebagai partisipasi untuk meningkatkan kesiapsiagaan penanggulangan bencana dan manajemen resiko bencana. Pelatihan ini diikuti oleh aparat BPBD Kab. Sleman dan aparat kalurahan diwilayah Kapanewon Cangkringan, Turi, dan Pakem, yang diselenggarakan satu hari penuh di Hotel Prima SR, Jalan Magelang, Yogyakarta.


Bapak Saiful Bahri, S.T., M.Eng. selaku Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Sleman, dalam sambutanya menyatakan peningkatan keterampilan aparat dalam pemanfaatan teknologi sangatlah penting. "Pemetaan dengan Google Earth akan menjadi alat yang sangat berguna dalam upaya kami untuk lebih cepat dan efektif merespons bencana maupun dalam pelasksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana," ujar Saiful Bahri, ST, M.Eng.
Dalam sesi pelatihan, Nurhadi membahas berbagai aspek, mulai dari definisi pemetaan, definisi satelit berikut penggunaan GPS (Global Positioning System), penjelasan sistem koordinat geografis, praktek instalasi Google Earth, input data, kustomisasi atribut data, analisis data, dan kolaborasi data menggunakan aplikasi Google Earth.
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada peserta mengenai konsep, dasar-dasar teknik pemetaan serta penerapannya dalam konteks pengelolaan data dan Informasi yang nantinya akan dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk mengambil keputusan. Materi yang disampaikan oleh Nurhadi Wijaya dirancang untuk memberikan keterampilan praktis kepada peserta, sehingga mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh secara efektif dan efisien.
Para peserta pelatihan yang terdiri dari aparat BPBD Kabupaten Sleman dan aparat kalurahan wilayah Kapanewon Cangkringan, Turi dan Pakem, Juga diberikan sertifikat sebagai pengakuan atas partisipasi dan keaktifan dalam kegiatan pelatihan ini.


Acara ditutup oleh Bapak Y. Dwi Ari Harianto, S.T., M.Eng. selaku Sub Koordinator Substansi Rekonstruksi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Sleman. Dwi Ari Harianto menekankan pentingnya penerapan pemetaan dalam tindakan nyata untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan data dan informasi yang nantinya juga sangat penting dalam pelaksanaan penanggulangan bencana mulai dari tahapan prabencana, saat bencana maupun pascabencana.
Dengan pengetahuan yang diperoleh dari narasumber (UNRIYO) dalam pelatihan ini, diharapkan aparat BPBD dan kalurahan di Kabupaten Sleman dapat lebih siap dan terampil dalam pemetaaan yang memanfaatkan teknologi modern.

.

Berita Sebelumnya Rekrutmen Dosen Tetap
Berita Selanjutnya Inovasi Tanpa Batas: UNRIYO Meluncurkan Acara Pameran Ilmiah yang Mewakili Semangat Unggul!