<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

Guna meningkatkan pengetahuan, wawasan, kemauan dan keterampilan kader dalam memberikan penyuluhan dan kreasi kesehatan kepada masyarakat, diperlukan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk hidup sehat, dan pengembangan kemitraan dan pemberdayaan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat sejak dini akan HIV/AIDS. Promosi kesehatan melalui pengembangan sumber daya manusia salah satunya dengan kegiatan lomba poster dan penyuluhan dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan, kemauan dan keterampilan kelompok-kelompok atau individu potensial termasuk kader.

Pada hari Sabtu Tanggal 17 Desember 2022 Universitas Respati Yogyakarta menggelar kembali Lomba Poster dan Penyuluhan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional dan HIV/AIDS Sedunia Tahun 2022 acara dibuka oleh Wakil Rektor II Universitas Respati Yogyakarta Bapak Dr. Setyanto, DEA dan dihadiri oleh Ketua HPU Unriyo Bapak Ns. Wahyu rochdiyat, M., S. Kep, Ns., M. Kep., Sp. Kep j. Acara ini disponsori oleh Bank BPD DIY, Oh My Glow Skincare, Kimia Farma, dan didukung oleh stasiun lokal Jogja.TV. Acara ini diikuti oleh 70 orang peserta poster dan 42 orang peserta penyuluhan yang merupakan wakil dari masing – masing kampus yang ada di wilayah Indonesia. Kegiatan lomba poster dan penyuluhan kesehatan diharapkan dapat membantu menyebarkan informasi kepada masyarakat dalam meningkatkan kesadaran masyarakat sejak dini tentang bahaya HIV/AIDS.

Untuk menilai penampilan peserta penyuluhan ada 3 orang juri yaitu pembina organisasi PIK-M Bumi Cemara universitas respati yogyakarta Ibu Dra. Rodiyah, M.Kes,  Direktur PKBI DIY Bapak Ramadhani Tareq Kemal Pasha, S.Sos., duta HIV/AIDS DIY 2022 Bapak Adi Ardana, S.Kep., Ns., kemudian juri poster yaitu duta mahasiswa Genre PIK-M Bumi Cemara 2019 Ibu Suci Fitri Enggayani, S.Kep., Ners., delegasi BKKBN Perwakilan DIY Ibu Nurul Hidayah, S.Psi, dan dosen kesehatan masyarakat Universitas Respati Yogyakarta Ibu Dr.drg. Theresia Puspitawati, M.Kes. Perlombaan berlangsung dengan meriah datang dari berbagai penampilan peserta yang menyampaikan materi penyuluhan tentang HIV/AIDS, dengan gaya teknik dan ciri khasnya masing - masing. Hingga pada penghujung acara terdapat 3 juara penyuluhan dan juga 3 poster yang membawa pulang hadiah berupa piala dan hadiah uang tunai. Untuk juara poster diraih oleh Apriyani dari Stikes Yogyakarta, juara kedua atas nama Melati Noormaulidya dari Universitas Lambung Mangkurat, dan juara ketiga atas nama Laila Hidayatun Nur dari Universitas Diponegoro.

Adapun juara penyuluhan diraih oleh grup dari Universitas Diponegoro atas nama Shabrina Arifia Qatrannada, Rizki Aulia Putri dan Anyadirani Kautsarmesya, lalu juara kedua diraih oleh Sajdah Khusnul Mukhlis, Devi Permata Sari dan Zessya Amiani Mei Saftadiranti dari Universitas Respati Yogyakarta dan Institusi Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri berada di posisi ketiga dengan anggota grup terdiri dari Krisnata Prambudi Adji, Alfanty Mega Yunanda Prasetya, Ashyfa Ramadhani.

.

Berita Sebelumnya Kocak Banget! Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO Bikin Video Klip Parodi Dosen Sambut Mahasiswa…
Berita Selanjutnya Aplikasi Ruang Sehati Wujudkan Yogya Kota Ramah Ibu dan Anak "Kerjasama UNRIYO dengan Sektor…