<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

YOGYAKARTA - Satu persatu kain batik ecoprint itu mulai ditata. Ada yang digulung, ada juga yang dibiarkan saja kain dengan ukuran hampir 2 meter ini. Sesekali pria itu memberikan beberapa aksesoris berupa daun daunan dan bahan lainnya. Kemudian, jepret! beberapa kali dengan HP smartphone ditangannya. Di depan mayoritas ibu-ibu, pria ini yang merupakan dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Respati Yogyakarta sedang mempraktikkan cara bikin foto produk yang menarik kepada pelaku UMKM Kalurahan Srimulyo, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Membuat foto produk yang menarik pertama kali harus mengenal pencahayaan dulu, baru kemudian mengenal teknis memotret dengan menggunakan fitur-fitur HP Smartphone yang dimiliki,” kata Mohammad Solihin, dosen Prodi Ilmu Komunikasi yang menjadi pemateri saat memberikan materi foto produk.

Tidak hanya materi foto produk yang diberikan, kegiatan dalam rangkaian workshop digital marketing yang berlangsung di Aula Kalurahan Srimulyo, Kamis (7/7/2022) lalu ini juga mengajak peserta untuk keluar ruangan melihat proses pemotretan foto produk dan masing-masing peserta mempraktikkannya secara langsung dengan HP Smartphone yang dimiliki.

“Hasil dari praktik foto produk oleh peserta pelatihan ini langsung akan diikutkan dalam lomba foto produk UMKM dan dinilai untuk memperebutkan hadiah berupa uang pembinaan dari panitia, dan hasil fotonya bagus-bagus, namun hanya satu yang menjadi pemenangnya,” kata dosen yang akrab disapa Cak Sol ini. 

Sementara itu, masih di hari yang sama, dosen Prodi Ilmu Komunikasi lainnya, Yanus Purwansyah Sriyanto juga memberikan materi foto produk di Aula Kalurahan Sitimulyo, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Menurutnya, peserta di sini tidak kalah antusiasnya untuk bisa menguasai cara memotret foto produk dengan hanya menggunakan HP Smartphone layaknya foto profesional.

“Alhamdulillah, peserta di sini sangat antusias mengikuti pelatihan foto produk ini yang memang dibutuhkan oleh mereka sebagai pelaku UMKM untuk membuat foto produknya menarik pembeli dan bisa meningkatkan penjualan,” terangnya.

Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dua dosen Prodi Ilmu Komunikasi ini merupakan kegiatan dalam rangkaian puncak Dies Natalis Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) ke-13 tahun yang bertajuk “Sehari Bersama Respati” dengan ragam kegiatan lainnya yaitu pelayanan kesehatan dan bakti sosial bersamaan dengan kegiatan KKN UNRIYO 2022. Tidak kurang dari 200 undangan dari warga setempat di wilayah Kalurahan Srimulyo dan Sitimulyo ikut meramaikan kegiatan ini. (cs)

 

Follow INSTAGRAM : @ilkom_unriyo
FACEBOOK : Prodi Ilmu Komunikasi Unriyo
YOUTUBE CHANNEL : Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO

.

Berita Sebelumnya Pengumuman Seleksi Penerimaan Tenaga Pendidik (Dosen) Prodi Fisioterapi Diloma Tiga Fakultas…
Berita Selanjutnya Ikuti Pelatihan BTCLS , Mahasiswa Prodi Keperawatan Program Sarjana dan Prodi Profesi Ners…