<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

YOGYAKARTA (ILKOM) – Hawa sejuk mulai terasa begitu memasuki desa di mana tempat Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM), Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) 2020 – 2021 yang digelar selama dua hari satu malam. Kegiatan tersebut tidak hanya menghadirkan pemateri dari dosen Ilmu Komunikasi UNRIYO bertemakan “Etika Kepemimpinan”, namun juga pemateri dari Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Cabang Yogyakarta dengan topik “Bersikap Berani Mengambil Risiko dan Menjadi Pemimpin Harus Bijak”.

Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Respati Yogyakarta  angkatan 2020 dan 2021 ini diselenggarakan di Desa Wisata Pulesari, Dusun Pulesari, Wono Kerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. LDK HIMAKOM UNRIYO yang mengusung tema “Take A Risk And Be Wise” ini merupakan kegiatan pertama kali yang dilaksakan secara luring setelah masa pandemi yang berlangsung meriah dan kondusif.

“Latihan Dasar Kepemimpinan Ilmu Komunikasi 2020 – 2021 merupakan program kerja pertama HIMAKOM Universitas Respati Yogyakarta periode 2020 – 2021. Kegiatan ini kami buat sebagai wadah untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan keorganisasian serta mengakrabkan antar mahasiswa Ilmu Komunikasi, salah satu caranya dengan mengadakan kegiatan ini agar mahasiswa baru lebih mengetahui lingkup Prodi Ilmu Komunikasi dan dapat mengembangkan kemampuan kepemimpinannya dengan melalui organisasi – organisasi yang ada di Universitas Respati Yogyakarta,” ujar Frico Dhani Affandi, mahasiswa angkatan 2019 yang didapuk menjadi Ketua Panitia LDK HIMAKOM 2022.

Yup, LDK HIMAKOM 2022 pertama dilaksanakan secara luring pasca pandemi COVID-19. Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Tahun 2022 yang diadakan Sabtu (25/06/2022) dan dilanjutkan Minggu (26/06/2022) di Desa Wisata Pulesari yang terletak di kaki gunung Merapi ini. Tak heran seluruh mahasiswa antusias mengikuti kegiatan ini terutama mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi yang diikuti oleh angkatan 2018 hingga 2021.

Beberapa pemateri yang mengisi kegiatan LDK HIMAKOM 2022 ini diantaranya Warhi Pandapotan Rambe atau yang akrab disapa bang Potan ini selaku pemateri satu sekaligus sebagai perwakilan dosen prodi ilmu komunikasi. Kemudian Riani Fatimah, pemateri kedua selaku owner dari Rinayah Boutique dan merupakan mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta, dan pemateri ketiga, Andika Bagus Setyawan selaku ketua IMIKI Yogyakarta. 

Selain diberikan materi etika dan kepemimpinan, peserta juga diajak pada malam harinya untuk jurit malam atau pelatihan mental yang tujuannya melatih menjadi seorang pemimpin yang memiliki etika serta melatih kekompakan sebagai sebuah tim yang masing – masing memiliki latar belakang kepribadian yang berbeda-beda.

Oktavia Damayanti, selaku divisi acara mengatakan bahwa jurit malam ini dibuat dengan alasan untuk melatih mental peserta termasuk kegiatan outbond dan colorfun. 

“Jurit malam dibuat untuk melatih mental setiap indivivu serta melatih tanggungjawab, selain itu yang colorfun dibuat untuk mencairkan suasana mengingat selama acara kita sudah serius-serius dan itu pasti bikin tegang banget. Nah, untuk closing kenapa diputarin lagu Endank Soekamti, tujuannya untuk mempererat tali persaudaraan antar angkatan apalagi selama pandemi kita belum kenal satu sama lain dan untuk menghargai panitia beserta peserta yang hadir,” terang mahasiswa 2018 ini saat memberikan motivasi kepada adik-adik angkatan 2020 dan 2021.

Sementara itu, Sabarnia, selaku partisipan dalam acara ini mengaku kaget jika acara ini begitu meriahnya. 

“Saya sendiri merasa kagum sama acara ini jujur nggak ngebosanin kegiatannya juga menarik, selain itu juga kegiatan ini sangat berdampak positif kami bisa mendapatkan banyak teman serta dapat mengenal para kakak tingkat yang berasal dari berbagai daerah,” ujar mahasiswa angkatan 2021.

“Acara tersebut sangat membantu teman-teman mahasiswa baru untuk mengenal kakak senior dan juga untuk menjalin relasi. Acaranya sangat seru terutama pada saat closing, colorfun, dan disaat acara selesai di mana semua mahasiswa bergandengan tangan kemudian menyanyikan lagu sampai jumpa dari Endank Soekamti yang memunculkan suasana sangat hangat,” kata Yanus Purwansyah Sriyanto, Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO.

“Secara konsep acara sangatlah bagus berbeda dengan konsep acara tahun kemarin. Harapan saya acara LDK untuk menyambut mahasiswa baru memang harus ada dilakukan setiap tahun, karena dengan adanya acara ini diharapkan mempersempit atau menghilangkan gap diantara mahasiswa sehingga terjalin kekompakan dan kebersamaan antar mahasiswa,” sambung kak Yanski panggilan akrab dosen Ilmu Komunikasi UNRIYO ini. (Bhetsti Furwita, Duwi Agus Susanto. Editor: CS).
 

Follow INSTAGRAM: @ilkom_unriyo
FACEBOOK: Prodi Ilmu Komunikasi Unriyo
YOUTUBE CHANNEL: Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO
 

.

Berita Sebelumnya “Scene Stealer” Movie Club invites participants in a discussion about House of Gucci moderated…
Berita Selanjutnya Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO, Warhi Pandapotan Rambe dan Dian Rhesa Rahmayanti Terpilih…