<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

YOGYAKARTA (ILKOM) – Pagi itu Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta nampak tidak seperti biasanya. Berjajar karya fotografi menjadi pandangan yang menghiasi sepanjang jalan menuju ruang audio visual Benteng Vredeburg. Ada foto cerita mengenai sisa-sisa ledakan Gunung Merapi pada saat 2010 silam, ada pula foto cerita penjual wedang ronde di teras Malioboro, ataupun foto cerita pasar wisata Tawangmangu Jawa Tengah, hingga foto-foto jurnalistik. Namun, tak kalah menarik begitu naik menuju galeri ruang audio visual, terpampang poster-poster communication campaign tentang isu-isu kritis terkini dan poster terkait isu media dan gender. Tak sekedar produk di bidang komunikasi itu saja, ada produk makanan hingga kerajinan hasil mata kuliah kewirausahaan juga dapat dinikmati secara gratis.


“Acara ini merupakan bentuk apresiasi atas karya mahasiswa yang dihasilkan dari beberapa mata kuliah, kami ingin menggali dan memantik mahasiswa untuk bisa lebih produktif dalam berkarya kedepannya,” ujar Dian Rhesa Rahmayanti, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Respati Yogyakarta.

Bertempat di galeri ruang audio visual gedung F lantai 2 Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, acara bertajuk “GREATIVITY 2023: Communication Make Great Creativity” digelar Sabtu (4/2/2023) lalu. Greativity merupakan creative event yang digagas oleh Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Respati Yogyakarta, yang pada tahun 2023 ini adalah yang pertama.

Dian juga menjelaskan jika nantinya Greativity ini akan menjadi acara tahunan prodi sebagai bentuk apresiasi terhadap hasil karya mahasiswa. Harapannya kelak akan memiliki daya tarik kepada semua kalangan, masyarakat luas sebagai salah satu dari sekian banyak creative event yang ada di Jogja.

Tentu harapan ini sangat bisa diupayakan mengingat Greativity 2023 disajikan dengan konsep Creative Exhibition seperti pameran fotografi, pameran photobook, Feature Program Exhibition, Public Speaking Perform, Bazar Entrepreurship Product mahasiswa serta diskusi interaktif yang semua itu dapat dinikmati tidak hanya oleh kalangan mahasiswa namun untuk masyarakat umum.

 

Diskusi Interaktif Foto Jurnalistik dan Broadcasting
Acara digelar mulai pagi hingga sore hari dikunjungi lebih dari 200 orang, menyajikan berbagai karya visual yang ditampilkan para mahasiswa. Selain memamerkan hasil karya mahasiswa, Greativity kali ini juga menghadirkan Beky Subechi, editor foto Jawa Pos sebagai pembicara dalam diskusi interaktif “How To Be Great a Photojournalist?” yang dihadiri sekitar 100 peserta.

Dalam paparannya menyebut pentingnya etika dalam membuat karya visual. Beky juga mengingatkan pentingnya seorang calon pekerja media untuk bisa menguasai berbagai hal. Media sekarang juga banyak yang telah menggunakan berbagai platform.

“Etika dan prinsip dasar jurnalistik harus terus digaungkan kepada mahasiswa sebagai calon orang media atau pewarta. Sekarang wartawan tidak hanya diminta untuk menjadi reporter atau wartawan foto tapi video untuk mendukung lebih banyak informasi yang bisa dinikmati” kata pria kelahiran Surabaya tersebut.

Beky yang juga penyusun buku saku Pewarta Foto Indonesia ini mengharapkan agar dosen pengampu matakuliah fotografi atau foto jurnalistik menanamkan dua hal dalam produksi karya fotografi yaitu aspek visual dan konseptual.

Tidak hanya tentang foto jurnalistik, diskusi interaktif lainnya “Make Great Feature Program” mengupas tentang proses kreatif pembuatan feature program televisi, oleh Gusti Firliansah, salah satu profesional videografer yang memiliki latar belakang pernah beraktivitas di salah satu stasiun televisi swasta nasional.

Sebagai puncak acara Greativity, diberikan penghargaan atau awarding kepada pemenang karya mahasiswa yang dipamerkan dari berbagai nominasi seperti best foto, best speaker, best photobook, best feature, best poster dan yang lainnya.

“Yang paling penting dengan adanya Greativity ini mahasiswa termotivasi untuk produktif, sehingga akan menghasilkan sebuah karya yang besar atau megah. Karena sesuai dengan filosofi Greativity itu sendiri yaitu Communication Make Great Creativity,” Ujar Yanus Purwansyah Sriyanto, selaku ketua panitia Greativity 2023 yang juga dosen prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO. (YNS)

 

Follow INSTAGRAM: @ilkom_unriyo
FACEBOOK: Prodi Ilmu Komunikasi Unriyo
YOUTUBE CHANNEL: Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO

.

Berita Sebelumnya Rendezvous With Ilmu Komunikasi UNRIYO 2023
Berita Selanjutnya Prodi Kebidanan Program Diploma Tiga Bekerjasama dengan IHCA (Indonesian Holistic Care Association)…