<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

Pada hari Kamis (18/5/2023) Prodi Kebidanan Program Diploma Tiga kembali menggelar kegiatan Sehari Bersama Respati (SBR) di Padukuhan Ngemplak II, Kalurahan Umbulmartani, Kapanewon Ngemplak, Sleman. SBR ini merupakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Dosen dan Mahasiswa yang dilaksanakan rutin setiap tahun. Kegiatan ini merupakan puncak dari kegiatan Praktik Kebidanan Komunitas mahasiswa semester VI.

Kegiatan yang diselenggarakan berdasarkan permasalahan yang dirumuskan dari hasil pendataan mahasiswa selama melaksanakan praktik komunitas. Berdasarkan analisis masalah dan kesepakatan dengan masyarakat maka dilaksanakan enam kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yaitu Penyuluhan dan Pemeriksaan Lansia, Edukasi Menu Sehat berbasis kearifan lokal yaitu daun kelor, Penyuluhan Pemilahan Sampah Rumah Tangga, Pelatihan Pijat Bayi, Pemberdayaan Remaja dalam Upaya Pencegahan  Kekerasan  Seksual pada Remaja dan Pemeriksaan Iva Test. 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Program Studi Kebidanan, Almira Gitta Novika, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai puncak dari praktik kebidanan komunitas mahasiswa. Kegiatan SBR ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa. Besar harapan dari Program Studi agar kegiatan ini berjalan dengan lancar dan banyak warga masyarakat yang aktif mengikuti sehingga kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat terlaksana secara rutin pada tahun- tahun berikutnya.

Keberhasilan kegiatan sehari bersama respati tentunya tidak lepas dari dukungan seluruh tokoh masyarakat dan Puskesmas Ngempak II yang sudah memberikan ijin dan fasilitas dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Serta tidak lepas dari partisipasi aktif masyarakat dalam setiap kegiatan. Hal ini ditunjukkan dengan antusiasme warga yang ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan. Lurah Umbulmartani berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan rutin bersama masyarakat dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat.

.

Berita Sebelumnya Kembangkan Wisata Watu Tekek, Tim PKM Teknik Elektro Pasang Solar Panel
Berita Selanjutnya Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO Selenggarakan Seminar dan Workshop Reorientasi Kurikulum Merdeka…