<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

Yogyakarta, 04 Januari 2024 - Mahasiswa-mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) patut mendapatkan apresiasi positif atas prestasi mereka dalam menciptakan prototipe inovatif produk kesehatan. Prototipe tersebut berhasil dipamerkan dalam sebuah pameran ilmiah yang berlangsung pada hari Kamis, tanggal 04 Januari 2024, di Kampus 2 UNRIYO. Sebanyak 217 mahasiswa dari berbagai program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan, yang mengikuti mata kuliah Inovasi Teknologi Kesehatan, ikut serta dalam kegiatan ini.

Pameran ilmiah tersebut menjadi wujud nyata dari kreativitas mahasiswa Kesehatan UNRIYO. Sebanyak 54 prototipe produk kesehatan dipamerkan sebagai hasil dari proses pembelajaran dan bimbingan dosen pendamping. Proses bimbingan ini dilaksanakan secara intensif, memperlihatkan dinamika kerjasama dan komunikasi interpersonal antara mahasiswa dari berbagai program studi kesehatan.

Ibu Herliana Riska, SST, M.Keb., selaku panitia acara, menyampaikan “pameran ini tidak hanya menjadi panggung bagi kreativitas mahasiswa, melainkan juga ajang untuk merajut jaringan kolaboratif di antara mereka. Hasil karya yang menginspirasi ini diharapkan tidak hanya berhenti di pameran, tetapi juga berpotensi membuka pintu sinergi dengan bidang ilmu di luar ranah kesehatan”.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Ns. Wahyu Rochdiat M, M.Kep., Sp.Kep.J, menyatakan bahwa pameran tahun 2024 ini menjadi perwujudan keempat dari makna "profesional" dan "berjiwa wirausaha" dan unggul di bidang komplementer salah satunya yang sesuai dengan visi dan misi FIKES, terutama dalam bidang teknologi kesehatan. Kegiatan ini menunjukkan bahwa mahasiswa UNRIYO memiliki kreativitas yang mampu menyelesaikan masalah dan memiliki produk yang menggunakan bahan-bahan yang selama ini dianggap sampah. Beberapa produk yang dihasilkan memiliki nilai jual dan dikembangkan oleh unit bisnis di UNRIYO.

Wakil Rektor 1 UNRIYO, Dr. Ariyanto Nugroho, SKM., M.Sc, memberikan sambutan bahwa kegiatan ini bukan sekadar pencapaian, tetapi wujud nyata dari visi UNRIYO yang “unggul”. Kita berharap acara ini bukan sekadar pameran, melainkan tonggak awal bagi kemunculan gelombang produk inovatif yang akan menginspirasi dunia kesehatan. “Semoga sahabat-sahabat semua terinspirasi dan mampu menciptakan karya-karya yang bukan hanya membanggakan diri sendiri, melainkan menjadi warisan berharga dari mahasiswa untuk generasi selanjutnya. Ini bukan hanya tentang eksistensi di dunia perkuliahan, tetapi juga nilai tambah yang akan membantu kita menembus tantangan dunia kerja. Jadi, mari kita buka acara pameran ilmiah inovasi ini dengan semangat yang menyala-nyala!” Ujar Wakil Rektor 1.

Contoh produk yang dipamerkan termasuk aplikasi “Fact Calorie” untuk memantau kalori, dan aplikasi Self Hipertensi Predict untuk pemantauan gejala hipertensi secara mandiri. Contoh produk-produk ini menunjukkan bahwa UNRIYO memiliki potensi dan kreativitas sebagai bagian dari persiapan mengikuti kegiatan program kreativitas mahasiswa di tingkat nasional serta mendukung kemajuan bangsa Indonesia. Selain itu, hal ini membuktikan bahwa kualitas proses pembelajaran di UNRIYO semakin lebih baik.

.

Berita Sebelumnya Jadwal PKKMB UNRIYO Tahun 2023, Simak Yah!!
Berita Selanjutnya Prodi Kebidanan Program Diploma Tiga Gelar Ngobras (Ngobrol Santai) tentang Kekerasan Seksual…