<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

YOGYAKARTA - Rektor Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) Prof. dr. Hari Kusnanto, Dr.PH, Sp.KKLP melantik Direktur Program Pascasarjana dan pergantian antar waktu pejabat struktural masa bakti 2024/2027. Pelantikan dan angkat sumpah jabatan dilaksanakan di Ruang B102 Gedung B Kampus 2 UNRIYO pada Jumat (19/1/2024) pagi pukul 09.00 WIB.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Rektor UNRIYO tersebut dihadiri oleh beberapa Pimpinan Kampus, diantaranya Wakil Rektor 1 Dr. Ariyanto Nugroho, SKM, M.Sc, Wakil Rektor 2 Dr. Setiyanto, DEA, Wakil Rektor 3 Dr. Yeyen Subandi, S.IP., M.A, Kepala Lembaga, Dekan dan beberapa pejabat lainya di lingkungan UNRIYO.

Dr. Sukismanto, SKM, MPH dilantik sebagai Plt. Direktur Program Pascasarjana dengan masa bakti 2024/2027 yang mengemban tugas di awal berdirinya Prodi Kesehatan Masyarakat Program Magister. Pada kesempatan tersebut Sukismanto menyampaikan bahwa Prodi Kesehatan Masyarakat Program Magister UNRIYO mulai menerima mahasiswa baru S-2 pada semester genap 2023/2024 dan akan mulai melaksanakan PBM dengan menggunakan seperangkat kurikulum yang bertujuan untuk mencetak SDM kesehatan.

“Mereka nantinya akan mampu menjadi SDM kesehatan yang berperan sebagai Manager, Inovator, Reseacher, Apprenticer, Communitarian, Leader, dan Educator,” ungkap Sukismanto.

Lebih lanjut, Sukismanto pun mengungkapkan bahwa Program Pascasarjana UNRIYO mencetak SDM kesehatan yang menjadi Manager beretika dan mampu bekerjasama lintas sektor. Menjadi Inovator yang mampu menganalisis rancangan inovasi dalam strategi pemecahan masalah kesehatan masyarakat terutama dalam penanggulangan bencana secara kreatif, inovatif dan percaya diri. Menjadi Researcher yang mampu menganalisa permasalahan di bidang kesehatan masyarakat terutama dalam penanggulangan bencana sesuai etika untuk pengembangan pengetahuan dan teknologi yang dapat dipergunakan untuk menyelesaikan masalah kesehatan.

Kemudian menjadi Apprenticer yang mampu menganalisis tindakan sesuai kewenangan secara beretika serta mampu bekerjasama lintas profesi dan selalu belajar sepanjang hayat. Menjadi Communitarian yang memiliki kemampuan mengarahkan dan membimbing masyarakat terutama pada penanggulangan bencana. Menjadi Leader dengan kemampuan menganalisis kepemimpinan sesuai kewenangan, bidang ilmu, beretika, dengan keunggulan dalam kebencanaan khususnya masalah bencana alam, non alam dan sosial serta mampu bekerjasama lintas profesi. Serta menjadi Educator dengan kemampuan menganalisis pendidikan tentang materi-materi di masyarakat umum maupun masyarakat khusus, terutama penanggulangan bencana.

Perkuliahan S-2 Kesehatan Masyarakat ini akan dimulai pada 1 Maret 2024 yang dilaksanakan dengan metode Blended Learning. Beban studi sebanyak 40 SKS yang memungkinkan mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikan hanya 3 semester maupun normal 4 semester. Secara bertahap S-2 Kesehatan Masyarakat akan diselenggarakan dengan peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Promosi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan dan Keselamatan Kesehatan Kerja.

Usai melantik Direktur Pascasarjana dan pejabat struktural yang baru, Rektor UNRIYO Prof. dr. Hari Kusnanto berpesan kepada para pejabat baru untuk bisa mengemban amanah dengan baik, bersemangat untuk memajukan UNRIYO dan mengabdi kepada Yayasan Universitas Respati Yogyakarta dengan sepenuh hati.

“Selamat atas jabatan baru kepada pejabat-pejabat yang baru saja dilantik, kami berharap dengan adanya Program Pascasarjana di UNRIYO ini semoga kedepannya akan bertambah prodi-prodi Pascasarjana baru yang akan dibuka,” harap Prof. dr. Hari Kusnanto dalam sambutannya. (Humas UNRIYO)

.

Berita Sebelumnya UNRIYO Lepas 430 Mahasiswa KKN di Desa Srimulyo dan Sitimulyo
Berita Selanjutnya Telah Terbit! Edisi Juni 2022 MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi