<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

YOGYAKARTA (UNRIYO) – Ada yang baru dalam pagelaran Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO). Kampus 1 UNRIYO yang menjadi tempat perhelatan para mahasiswa baru mengikuti PKKMB ini secara resmi disambut dan dibuka oleh Rektor UNRIYO yang baru, Prof. dr. Hari Kusnanto Josef, Dr.PH., Sp.KKLP, pada Selasa (12/9/2023) kemarin.

Selain mengenalkan pejabat Wakil Rektor 1, 2, dan 3 yang baru dilantik, Rektor juga mengajak para mahasiswa baru dengan 3 pesan penting untuk mengingatkan nilai-nilai yang dikembangkan bersama UNRIYO. Pesan penting itu diantaranya Profesional, Berbudaya, dan Berjiwa Kewirausahaan.

“Profesional berarti bekerja sesuai atau melebihi standar kinerja. Kemudian, Berbudaya itu menjunjung tinggi nilai-nilai bersama. Sedangkan Berjiwa Kewirausahaan, artinya terampil dalam memanfaatkan ide atau peluang untuk kebaikan bersama yang memberikan nilai tinggi dan manfaat ekonomi maupun sosial bagi diri dan orang lain," tuturnya.

Misi yang dikembangkan bersama UNRIYO ini sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek, program wirausaha yang menjadi salah satu program unggulannya.

Dalam kesempatan itu, Prof Hari juga menyampaikan bahwa UNRIYO sudah masuk dalam delapan besar PTS terbaik di DIY versi Edurank tahun 2023. Bahkan dia juga mengajak para mahasiswa baru maupun civitas akademika untuk bersama-sama menargetkan UNRIYO dalam beberapa tahun ke depan bisa masuk dalam lima besar.

"Perlu kerjasama dengan baik seluruh civitas akademika untuk mewujudkannya, sebagaimana yel-yel yang menjadi jargon UNRIYO, bersama Respati raih prestasi because we are great UNRIYO," tegasnya.

Sebanyak lebih dari 700 mahasiswa baru di UNRIYO yang mengikuti acara PKKMB UNRIYO selama tiga hari dari Selasa-Kamis (12-14/9/2023) secara hybrid yakni offline dan online. Hari pertama digelar secara offline di mana peserta PKKMB mendapatkan berbagai materi dan kegiatan yang sudah disiapkan oleh panitia.

Sebelum menginjak ke materi, peserta disambut dengan sambutan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang disampaikan melalui video rekaman. Nadiem Makarim dalam video tersebut menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu berkontribusi dalam dunia nyata.

Mahasiswa juga dituntut tidak hanya mendalami keilmuannya, tetapi juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, kreativitas dan problem solving. Oleh karena itu Kemendikbudristek meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa.

Materi pertama PKKMB UNRIYO pada hari pertama tentang “Kehidupan Berbangsa, Bernegara, dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara” disampaikan oleh Drs. Warhi Pandapotan Rambe, M.Si.

Sementara materi kedua mengenai “Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia”, dilanjutkan materi ketiga yakni mengenai “Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0”.

Pada materi keempat tentang “Pengembangan Karakter Mahasiswa Sebagai Intelektual yang Anti Kekerasan, Anti Perundungan, Anti Narkoba, dan Anti Korupsi”. Dan pada materi terakhir mengenai “Kesadaran Lingkungan Hidup, Manajemen Risiko, dan Kampus Sehat”.

Wakil Rektor 1 UNRIYO, Dr. Ariyanto Nugroho, S.K.M., M.Sc saat menyampaikan materi “Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia” dihadapan para mahasiswa baru bahwa dulu cara belajarnya masih cenderung klasikal di dalam kelas, sekarang diberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin mencari ilmu di luar kampus dengan adanya program MBKM Kemendikbudristek.

“UNRIYO dalam waktu dekat ini akan melakukan terobosan, salah satunya menerapkan perkuliahan dengan metode hybrid. Meski hybrid bukanlah metode baru dalam perkuliahan karena semasa pandemi sudah dilakukan, namun dengan adanya pembelajaran hybrid ini membuat mahasiswa serta dosen memiliki feksibilitas dalam proses pembelajaran dan media pembelajarannya akan semakin luas," ungkapnya.

“Harapannya nanti mahasiswa bisa beradaptasi terkait dengan kehidupan baru di kampus, karena pendidikan di SMA dan perkuliahan itu berbeda," kata Ketua Panitia PKKMB UNRIYO 2023, Nurhadi Wijaya, S.T., M.Kom.

 

Tingkat Fakultas dan Prodi, Hari Kedua dan Ketiga PKKMB UNRIYO
Kegiatan hari kedua PKKMB UNRIYO dilaksanakan di tingkat Fakultas yang digelar secara daring, pada Rabu (13/9/2023) dengan konsep acara yang diserahkan pada masing-masing Fakultas yakni Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE), dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Setelah itu, pada hari terakhir, Kamis (14/9/2023) para mahasiswa baru akan mengikuti kegiatan secara hybrid di tingkat Program Studi masing-masing. Bagi mahasiswa baru dengan program studi di bawah FIKES dilaksanakan di kampus 2, sedangkan program studi di bawah FISE dan FST dilaksanakan di kampus 1.

Pada siang harinya mulai pukul 13.00 WIB dilaksanakan acara penutupan PKKMB UNRIYO 2023 secara daring (online) melalui platform Zoom Meeting dengan beragam pentas IG Reels dan pengumuman pemenang kompetisi bagi mahasiswa baru. Suksesnya kegiatan PKKMB UNRIYO 2023 ini juga tidak lepas dari peran BEM Universitas dan Fakultas, serta Himpunan Mahasiswa Prodi. (Bidang Humas dan Publikasi PKKMB UNRIYO 2023)

.

Berita Sebelumnya Prodi Keperawatan Program Sarjana UNRIYO sukses menggelar Webinar dan Worshop Perawatan luka…
Berita Selanjutnya Rapat Tinjauan Manajemen Tahun Akademik 2021/2022 Universitas Respati Yogyakarta