<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

YOGYAKARTA (ILKOM) – Seminar yang diadakan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) kali ini mengangkat tema “Addressing Cyber Bullying On Cocial Media”, Kamis (25/04/2024) lalu di Kampus 2, Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO), Jalan Raya Tajem KM.1,5, Maguwoharjo, Depok, Kenayan, Wedomartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Seminar yang digelar ini diikuti oleh banyak mahasiswa mahasiswi UNRIYO.

“Seperti yang kita tahu era sekarang ini banyak permasalahan yang muncul di sosial media seperti pembulian melalui platform media sosial yang mengakibatkan korbannya depresi bahkan bunuh diri, inilah yang menjadi alasan kami membuat acara ini,” ucap Sephia selaku ketua panitia saat ditanya alasan mengambil tema acara ini.

Seperti biasa acara diawali dengan pembukaan oleh MC, doa, pemutaran lagu Indonesia Raya, sambutan ketua HIMAKOM, sambutan ketua panitia. Setelah rangkaian tersebut, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari pembicara yaitu Rini Indriani, S.Psi., MARS., Psikolog yang merupakan Praktisi Psikolog Klinis dan Forensik di UNRIYO.

Sebelum pemaparan materi disampaikan, suasana dipecahkan dengan ice breaking senam ayam jago Gerakan, tawa, dan semangat sangat terlihat jelas dari wajah semua peserta yang datang.

“Ada sekitar 167 Juta orang yang menggunakan media sosial pada Januari 2023 dan sekitar 2.777 anak di Indonesia pernah mengalami cyber bullying” kata Rini, saat memaparkan materi.

Selain contoh kasus-kasus cyber bullying beserta dampaknya peserta yang memadati ruang Aula lantai 5 ini menjadi tahu hukum yang mengatur masalah tersebut, bahkan menjadi tahu cara mengatasinya cyber bullying. Salah satu cara mengatasi depresi akibat cyber bullying adalah bercerita ataupun konsultasi pada pakar ahli (psikolog). Ternyata di kampus UNRIYO juga menyediakan layanan psikolog gratis untuk semua mahasiswa mahasiswinya.

Seluruh peserta terlihat begitu antusias mendengarkan materi hingga memunculkan banyak sekali pertanyaan yang ada setelah pemaparan materi disampaikan.

“Media sosial sekarang menjadi salah satu bagian terpenting dalam Masyarakat, lalu bagaimana cara kita menghadapi komentar negatif yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia,” tanya salah satu peserta.

“Cara mengatasi hal tersebut bisa dimulai dengan mengontrol diri sendiri dan dapat berperilaku tegas saat mendapat komentar negatif,” jawab narasumber.

Sebelum acara berakhir ada sedikit challenge dari MC siapa yang berani memberi kesimpulan inti dari materi akan diberi doorprize terakhir.

“Kesimpulan dari materi yang telah disampaikan yaitu cara bagaimana kita menyikapi dan menangani dampak-dampak yang ditimbulkan dari cyber bullying itu sendiri,” jawab salah satu peserta. (Penulis: Ika Purwaningsih. Editor: CS)

 

Follow INSTAGRAM: @ilkom_unriyo
FACEBOOK: Prodi Ilmu Komunikasi Unriyo
YOUTUBE CHANNEL: Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO

.

Berita Sebelumnya Hari Malaria Sedunia, Dinkes Sleman, Puskesmas Depok 1 dan UNRIYO inisiasi Survey Migrasi…
Berita Selanjutnya TINGKATKAN MOTIVASI LULUSAN, PRODI FISIOTERAPI DIPLOMA TIGA UNDANG FISIOTERAPIS PERSIB BANDUNG…