<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

Bantul.  Suasana tampak berbeda dari hari biasanya, Selasa 18/7/2023 warga antusias mendatangi pendopo kalurahan, meramaikan “Sehari Bersama Respati” (SBR). Acara ini merupakan bentuk perwujudan Tridharma perguruan tinggi di bidang pengabdian kepada masyarakat Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO), sekaligus closing ceremony atau penutup rangkaian kegiatan Dies Natalis UNRIYO ke-14 yang dimulai pada awal bulan November 2022 dengan agenda kegiatan Posbindu.

 “Kegiatan abdimas hari ini merupakan rangkaian Dies Natalis ke-14 yang puncaknya pada bulan Desember 2022, dengan harapan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan menjadikan kampus UNRIYO bertransformasi menuju era Digital Society 5.0 ” Ujar Moh Solihin, Ketua Dies Natalis 14 sekaligus Dosen Ilmu Komunikasi. Mohammad Solihin atau yang akrab disapa Cak Sol juga menekankan bahwa harapan tersebut tentunya sejalan dengan tema Dies Natalis yaitu Campus Transformation into an Empowered & Accomplished Digital Society yang menandai sebuah era dimana semangat transformasi harus dilaksanakan.

Seperti tahun sebelumnya, “Sehari Bersama Respati” dilaksanakan di 2 lokasi, kalurahan Sitimulyo dan Srimulyo Kapanewon Piyungan Bantul dan diisi dengan ragam kegiatan antara lain pelayanan kesehatan, pembagian paket sembako bagi lansia dan warga kurang mampu, pelatihan pengelolaan digital marketing bagi pelaku pariwisata dan digitalisasi data yang diperuntukkan untuk pamong desa baik itu di kalurahan Srimulyo maupun Sitimulyo, tidak ketinggalan juga ada pameran produk KKN oleh mahasiswa sebagai bentuk project akhir program KKN. Seperti yang diketahui bahwa tahun ini UNRIYO melepas sekitar 421 mahasiswa yang terbagi dalam 40 unit kelompok dan ditempatkan di beberapa padukuhan wilayah Kalurahan Srimulyo dan Sitimulyo.

Pelayanan kesehatan yang digelar di 2 tempat, pendopo Kalurahan Sitimulyo dan Aula Kalurahan Srimulyo melibatkan beberapa dosen dan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan meliputi cek tekanan darah, asam urat, kolesterol dan gula darah sekaligus konsultasi dan pemeriksaan status gizi. Sementara itu pada pelatihan pengelolaan digital marketing dan digitalisasi data diikuti oleh perwakilan pelaku pariwisata dan staff pamong dengan 4 narasumber yaitu Mohammad Solihin, S.Sos., M.A dan Yanus Purwansyah Sriyanto, S.I.Kom., M.I.Kom dari Prodi Ilmu Komunikasi program sarjana. Sugeng Winardi, S.Kom., MT, Ahmad Sahal, S.Kom., M.Cs dari prodi Sistem Informasi program sarjana dan Prodi Teknologi Informasi Program Diploma Tiga UNRIYO.

Acara yang berlangsung pagi hingga siang juga dihadiri oleh pimpinan UNRIYO diantaranya Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Rektor Non Bidang Akademik, Ketua Badan Penjamin Mutu (BPM), para Dekan serta pimpinan, staff pamong kalurahan Sitimulyo, Srimulyo.

Dalam sambutannya di Aula Kalurahan Srimulyo, Rektor UNRIYO, Prof. Dr. dr. Santoso, MS, Sp.Ok mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen kalurahan Srimulyo dan Sitimulyo karena dalam beberapa tahun ini telah bekerjasama dengan Universitas Respati Yogyakarta, bersedia untuk dijadikan sebagai lokasi penempatan kegiatan kampus baik yang sifatnya akademis seperti KKN maupun pengabdian kepada masyarakat. Acara ini juga sekaligus sebagai momen penarikan mahasiswa kembali ke kampus setelah KKN di Srimulyo & Sitimulyo.

Lurah Srimulyo Drs. Wajiran juga menyampaikan terimakasih telah mempercayakan mahasiswa UNRIYO untuk KKN di wilayahnya. “Semoga mahasiswa mendapat banyak pengalaman, sharing ilmu antara mahasiswa dan warga membawa banyak manfaat”. Ujarnya. Warijan menegaskan  bahwa kegiatan sehari bersama respati yang sudah kedua kali di gelar di Srimulyo juga sangat membantu pelaku UMKM dan pelaku pariwisata.

Sementara itu, dilokasi terpisah, Sitimulyo, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Fransiska Lanni, MS mengatakan jika beliau sangat berharap Kalurahan Sitimulyo bersedia berkolaborasi menjadi desa binaan UNRIYO.

“ Semoga untuk tahun-tahun berikutnya masih bisa untuk menjadi partner UNRIYO sebagai lokasi penempatan mahasiswa untuk KKN” Imbuhnya. (yns)

.

Berita Sebelumnya Seminar Nasional SINTaKS ke-7 Sukses diselenggarakan secara virtual
Berita Selanjutnya Prodi Kebidanan Program Diploma Tiga Bekerjasama dengan IHCA (Indonesian Holistic Care Association)…