<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

Yogyakarta - Informatika – Seiring dengan perkembangan dan pemanfaatan teknologi informasi yang makin pesat, peluang kerja di bidang informatika juga makin luas dan bervariasi. Hal ini ditandai dengan makin banyaknya kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang terampil dan menguasai penggunaan teknologi informatika. Hal itu diungkapkan Ketua Program Studi Informatika Program Sarjana Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO), I Wayan Ordiyasa, S.Kom., M.T., Selasa (2/8).
Dalam acara Sapa Perdana Mahasiswa Baru Angkatan 2022/2023 yang dilaksanakan secara hibrid (perpaduan daring dan luring), di Kampus 1 UNRIYO di Jalan Laksada Adisucipto Km. 6,3 Yogyakarta tersebut, ia menegaskan, saat ini hampir semua bidang kehidupan dibantu dan dimudahkan dengan penggunaan teknologi Informasi/informatika. Hal ini dapat dilihat dari lowongan kerja yang ada baik di instansi swasta maupun pemerintahan, seperti dalam lowongan CPNS hampir semua dinas membutuhkan bidang keahlian informatika.

                                                                 

“Selamat datang dan selamat bergabung untuk belajar bersama di Prodi Informatika UNRIYO. Anda telah memilih program studi yang tepat untuk ditekuni,” katanya.
Menurut Wayan Ordiyasa, dalam belajar informatika kita harus dekat dengan lingkungan yang memanfaatkan teknologi, seperti ruang Prodi Informatika UNRIYO yang digunakan untuk penyelenggaraan acara Sapa Perdana MABA Informatika 2022 ini dilengkapi dengan teknologi Internet of Thing(IoT), di mana langsung didemokan untuk mematikan lampu ruangan dengan memerintahkan “Matikan lampu Informatika!” sehingga suasana ruangan menjadi gelap, lalu dilanjutkan dengan perintah menyalakan lampu kembali dengan suara sehingga ruangan menjadi terang kembali. Bisa juga dilakukan dengan permintaan untuk menyetel video musik yang ada di Youtube di TV Informatika sesuai keinginan yang memerintahkan.

Ia menambahkan, Prodi Informatika UNRIYO memiliki 3 peminatan yaitu; Keamanan Informasi, Data Science dan Internet of Thing. Masing-masing peminatan bidang ilmu ini mulai diambil oleh mahasiswa ketika memasuki semester 4. Dengan yel-yel Universitas “Bersama Respati Raih Prestasi”, semboyan Prodi “Bersama Informatika Kita Bisa” dan “Cepat Lulus Cepat Kerja”, mahasiswa diprogram dapat menyelesaikan studinya dalam waktu 7 semester atau 3,5 tahun.
Acara Sapa Perdana Maba 2022/2023 ini dipandu Sekretaris Prodi, M. Diqi, S.T., M.T., dan dihadiri dosen tetap di Prodi Informatika yaitu; Sri Hasta Mulyani, S.Kom., M.Kom, Hamzah, S.T., M.T., Marselina Endah Hiswati, S.T., M.Cs., R. Nurhadi Wijaya, S.T., M.Kom dan Putra Wanda, S.Kom., M.Eng., Ph.D.
Setelah diperkenalkan Kaprodi, masing-masing dosen memberi penekanan pengarahan kepada mahasiswa baru baik yang hadir secra luring di tempat acara dan yang mengikuti melalui Zoom Meeting di antaranya bagaimana tata krama dan etika di Kota Jogja, UNRIYO sebagai kampus sehat sehingga dilarang merokok di kampus, bagaimana melakukan riset/penelitian serta melakukan kegiatan di luar kampus seperti kerja praktek dan kunjungan industri. Pengarahan ditutup oleh Marselina Endah Hiswati, S.T., M.Cs., dengan penekanan bagaimana komunikasi dengan dosen yang dianggap sebagai teman, namun tetap menjaga tata krama antara mahasiswa dan dosen.

Acara dilanjutkan dengan perkenalan dari masing-masing mahasiswa baru Prodi Informatika yang hadir di ruang prodi dan di zoom meeting, diakhiri dengan menyanyi bersama antara mahasiswa baru dan dosen secara membaur dan bersama-sama, dilanjutkan dengan foto bersama. Acara PKKMB di tingkat universitas, fakultas dan program studi di UNRIYO akan dilaksanakan, Selasa (30/8), sehingga saat ini masih dibuka Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru untuk semua program studi yang ada di UNRIYO.

https://wartamasa.com/2022/08/04/lulusan-informatika-memiliki-prospek-kerja-yang-luas/

.

Berita Sebelumnya Kerjasama Tridarma Perguruan Tinggi antara Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) dengan…
Berita Selanjutnya Yeay! Serunya PKKMB ILKOM UNRIYO 2022 Secara Luring, Mahasiswa Baru Dapat Kejutan Dari Orangtuanya