<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

YOGYAKARTA (ILKOM) – Suasana hangat antara dosen dan mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Respati Yogyakarta sangat terlihat jelas. Beberapa mahasiswa dan dosen lagi asyik saling ngobrol yang dipisahkan meja dengan deretan kursi saling berhadapan. Ada juga yang sedang asyik sibuk menyiapkan live Instagramnya. Waktu itu masih sore dan jam menunjukkan pukul 17.00 WIB, namun acara Buka Puasa Bersama (BUKBER) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO), Senin (1/4/2024) lalu di Sawah Resto Yogyakarta berlangsung begitu gayengnya.

“Acara ini dibuat tak lain untuk semakin mempererat hubungan antar mahasiswa dan dosen  ilmu komunikasi UNRIYO,” ujar Lucky Firmansyah, selaku Ketua HIMAKOM.

Acara Buka Puasa Bersama ini tidak hanya berisikan ngobrol santai saja, namun ada sedikit rangkaian acara yang tidak terlalu formal. Dimulai dengan MC yang membuka acara, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan dosen, dilanjutkan sambutan penanggung jawab acara, dan terakhir ada sedikit Tausiah Ramadan yang disampaikan oleh salah satu mahasiswa ilmu komunikasi.

“Kami berharap mahasiswa ilmu komunikasi ini dapat selalu kompak dan yang paling penting semua dapat lulus tepat waktu,” ucap Bang Potan panggilan akrabnya Warhi Pandapotan Rambe ini memberikan sambutan selaku dosen ilmu komunikasi.

Dalam acara ini yang diadakan setiap bulan Ramadan banyak harapan yang disampaikan oleh mahasiswa maupun dosen untuk kemajuan Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO. Selain itu acara ini juga sebagai ajang sharing pengalaman maupun cerita lainnya kepada antar mahasiswa ilmu komunikasi maupun kepada dosen.

Canda tawa dan kebersamaan semakin terpancarkan selama acara berlangsung, tidak ada batasan lagi antara mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 22, angkatan 23, maupun dengan dosen.

“Harapan kami semua kebersamaan dan suasana hangat ini tidak hanya ada pada saat acara berlangsung saja namun sampai seterusnya,” ujar Irfan Irsyad, penanggung jawab acara BUKBER yang juga pengurus HIMAKOM.

Sambil menunggu azan Maghrib sebagai tanda mulainya membatalkan puasa untuk buka puasa setelah seharian penuh menahan diri tidak makan dan minum, Tulipia Nur Agustin, mahasiswa semester 2 ini didapuk oleh panitia untuk memberikan Tausiah Ramadan.

“Tahukah Anda apa itu toleransi? Toleransi merupakan sikap saling menghargai perbedaan, karena di kampus kita sendiri ada banyak perbedaan mulai ras, suku, budaya dan agama. Oleh karena itu, kita tidak bisa memaksakan agama apa yang kita Yakini untuk orang lain Yakini pula. Di bulan suci Ramadan ini juga merupakan hari di mana toleransi beragama terlihat, sebagai contoh saja di bulan Ramadan ini umat agama lain juga mendapatkan kebahagiaan dan keuntungan dengan berjualan takjil,” ucapnya. (Penulis: Ika Purwaningsih. Editor: CS)

 

Follow INSTAGRAM: @ilkom_unriyo
FACEBOOK: Prodi Ilmu Komunikasi Unriyo
YOUTUBE CHANNEL: Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO

.

Berita Sebelumnya UNRIYO Terpilih Menjadi Pelaksana Penelitian Tematis Swakelola Kota Yogyakarta tahun 2022…
Berita Selanjutnya Telah Terbit! MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 1 Nomor 2 Desember 2021, Apa Saja Isinya?