<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Respati Yogyakarta kembali sukses menyelenggarakan Seminar Nasional Teknik Elektro, Informatika dan Sistem Informasi (SINTaKS) yang ke-8 dengan menghadirkan 3 pemateri yang berpengalaman dibidangnya. Seminar nasional yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 26 Agustus 2023 ini dilaksanakan secara virtual telah diikuti oleh para mahasiswa, dosen dan masyarakat umum dari berbagai daerah di Indonesia. Acara dimulai dengan sambutan perwakilan dari Rektor UNRIYO yang menekankan pentingnya sains dan teknologi sebagai solusi pasca pandemi.

 

Seminar nasional SINTaKS periode ini telah menghadirkan para tokoh nasional sebagai pemateri yang berasal dari pakar teknologi informasi nasional. Pada sesi awal, Ir. Onno W. Purbo, M.Eng., Ph.D yang merupakan seorang tokoh dan pakar IT Nasional menyampaikan materi dengan tema “Recent Trends in Computer Networks and System Security”. Tokoh TI Nasional yang telah menerbitkan lebih dari 40 judul buku ini menyampaikan pentingnya memahami keamanan data pada era industry 4.0 yang semakin kompetitif dengan pesatnya perkembangan kecerdasan buatan.

 

Pemateri kedua disampaikan oleh Prof. P. Insap Santosa, Ph.D. dengan materi “Innovative Developments in HCI and Future Trends”. Beliau merupakan salah satu tenaga pendidik di Universitas Gadjah Mada. Selain itu beliau adalah penulis buku terkenal yang telah menghasilkan ratusan buku bidang TI yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Pemateri ketiga disampaikan oleh Dr. Agus Q. Munir, M.Cs. selaku akademisi UNRIYO dengan tema Geospasial Data Science dan aplikasinya dalam dunia Kesehatan. Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Respati Yogyakarta yang telah menghasilkan 26 Jurnal ilmiah ini banyak mengulas tentang pentingnya pemahaman teknologi data dalam berbagai kegiatan termasuk penelitian dan industry saat ini.

 

Pada program SINTaKS-8 ini, komite menerima berbagai artikel ilmiah untuk dipresentasikan pada sesi parallel SINTaKS. Pada sesi paralel ini dilakukan pemaparan materi dari para pemakalah. Terdapat 13 judul karya ilmiah yang disampaikan oleh masing-masing team pemakalah yang berasal dari beberapa universitas dan badan penelitian. Pada sesi ini, setiap author diberikan kesepmatan untuk menyampaikan hasil penelitian disertai diskusi terkait materi tersebut.

 

Ketua Program Committee SINTaKS 2023, Putra Wanda, S.Kom.M.Eng.,Ph.D menyampaikan bahwa kegiatan Seminar ini merupakan forum tahunan yang diselenggarakan sebagai forum bertukar ide dan gagasan seputar penelitian terbaru terutama pada bidang Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ide-ide penelitian terutama di bidang Teknik Elektro, dan Teknologi informasi dapat terus berkembang di Indonesia.

 

Sampai jumpa di SINTaKS periode berikutnya.

Great UNRIYO

.

Berita Sebelumnya Kunjungan Industri atau Study Tour
Berita Selanjutnya KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA 2022