<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

Prodi Kebidanan Program Diploma Tiga, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Respati Yogyakarta sukses gelar seminar Internasional pada hari Selasa tanggal 08 Agustus 2023 secara online zoom meeting dan live youtube. Seminar Internasional Kebidanan ini mengangkat tema Complementary Therapy Applications in Midwifery Care” dengan 3 pembicara yaitu  Prof. Su Chen Kuo (National Taipe University of Nursing and Health Sciences, Taipei), Dr. Melyana Nurul Widyawati., S.SiT,Bdn, M.Kes (Dosen Prodi Kebidanan Poltekes Kemenkes Semarang, Owner/pendiri Indonesian Holistic Care Association (IHCA), Dr. Istri Yulani, S.SiT, M.Sc (Dosen Prodi Kebidanan Program Diploma Tiga Universitas Respati Yogyakarta).

Menurut Ketua Program Studi, Almira Gitta Novika, S.SiT., M.Kes dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya pencapaian visi dan misi Program Studi yaitu unggul dalam asuhan kebidanan komplementer berbasis keluarga pada Tahun 2038. Adanya perkembangan pelayanan kebidanan perlu ditunjang dengan peningkatan pengetahuan dari bidan sebagai salah satu pemberi pelayanan kesehatan. Pada masa sekarang pemanfaatan pelayanan kesehatan tradisional alternatif dan komplementer sebagai salah satu alternative pelayanan tambahan sudah semakin berkembang.  Pengobatan komplementer dan alternatif di beberapa komunitas kebidanan sudah menjadi bagian penting dari praktik kebidanan.

Acara seminar ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta Wahyu Rochdiat M, S.kep.,Ns.,M.kep.,Sp.Kep.J. Peserta seminar  bukan hanya dari  mahasiswi Jurusan Kebidanan, tetapi juga bidan dari berbagai instansi pendidikan maupun instansi kesehatan dari berbagai daerah seperti Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, NTT, Lampung, Papua, dan lain sebagainya. Selain itu peserta juga bukan hanya dari Indonesia tetapi juga dari Taipei, dengan total jumlah peserta adalah sebanyak 617  peserta.

Dalam penyelenggaraan seminar internasional ini, Prodi juga mengadakan Paper Competition dengan tema “Evidence Based Practice” dengan salah satu juri tamu, Nontakorn Damnong, RN., M.N.S dari Taipei. Dengan total peserta lomba sejumlah 17 peserta dari berbagai institusi kebidanan di Indonesia. Dengan suksesnya acara ini digelar, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan seluruh peserta seminar dan kedepannya dapat mengadakan acara seminar dengan tema yang lebih menarik lagi.

.

Berita Sebelumnya Lulusan Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga Fikes Unriyo Mengikuti Sumpah Profesi…
Berita Selanjutnya UNRIYO Dalam Layanan Bagi Mahasiswa Asing, Mendukung dan Berpartisipasi serta Mendukung Perkembangan…