PKKMB UNRIYO 2021 ; INTEGRITAS, ETIKA SERTA ADAPTIF MENJADI FOKUS UTAMA

Memasuki tahun ajaran baru 2021/2021, Universitas Respati Yogyakarta kembali mengadakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa baru (PKKMB) untuk mahasiswa baru, dengan tujuan untuk mengenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam menjalani kehidupan perkuliahan nanti. Acara PKKMB kali ini, untuk yang kedua kalinya dilaksanakan secara daring, mengingat kegiatan perkuliahan belum digelar secara tatap muka. Adapun kegiatan PKKMB dijadwalkan akan berlangsung selama 3 hari,  tingkat universitas dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2021. Sedangkan tingkat fakultas tanggal 19 Oktober serta tingkat program studi pada tanggal 21 Oktober 2021.

PKKMB tahun ini mengangkat tema “Mewujudkan Mahasiswa Unriyo Yang Unggul, Beritegritas, Beretika Serta Adaptif Dan Mampu Bersaing Di Dunia Kerja”.Tema besar ini diharapkan dapat menjadi upaya bersama dalam mewujudkan Visi Unriyo “Menjadi Universitas Unggul, Berjiwa Wirausaha dan Mampu Bersaing di Tingkat Global Tahun 2038”. Selain itu Unriyo berkomitmen untuk selalu berusaha meningkatkan mutu lulusannya, baik melalui sistem pengelolaan, SDM dan sarana dan parasarana yang terus ditingkatkan. Agar setelah lulus dari UNRIYO, dapat menjadi lulusan yang mampu berkompetisi di dunia kerja baik ditingkat nasional maupun internasional.

Acara dimulai dengan pengenalan seluruh pimpinan dan pejabat struktural dilingkungan Universitas Respati Yogyakarta yaitu perwakilan Yayasan Pendidikan Respati, Rektor, Wakil Rektor (WAREK 1) bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Rektor (WAREK 2) bidang Non Akademik, Ketua Senat Universitas Respati Yogyakarta yang juga mejabat sebagai Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Respati Yogyakarta, Para Dekan dari 3 Fakultas, Kepada Biro dan Pusat di lingkungan Universitas Respati Yogyakarta serta seluruh Ketua Program Studi. 

Selain itu, acara juga diisi dengan penyampaian materi yang sangat penting bagi bekal mahasiswa baru dalam menjalani perkuliahan yaitu materi tentang bahaya terorisme yang disampaikan oleh BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme), materi Bela Negara oleh DIKTI, materi akademik oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Etika Bermedsos, Serta pengelanan Organisasi Kemahasiswan di lingkungan Universitas Respati Yogyakarta.

Dalam acara PKKMB Universitas Respati Yogyakarta 2021 yang dilakukan secara daring tersebut, juga ditampilkan video Tour De Campus untuk memperkenalkan lingkungan kampus serta fasilitas-fasilitas yang ada agar para mahasiswa baru dapat mengenal lebih jauh kampus UNRIYO secara virtual. Sehingga apabila saatnya nanti kita kembali ke kampus, mahasiswa tidak asing lagi dan tidak mengalami kesulitan menjalani aktifitas di kampus

Rektor Universitas Respati Yogyakarta Prof. Dr. dr. Santoso, MS., Sp.Ok dalam sambutannya menyampaikan komitmen UNRIYO dalam meningkatkan mutu akademik, dimana UNRIYO telah menerapkan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara bertahap yang diintegrasikan dalam kurikulum yang memenuhi Kriteria KKNI sesuai Standar Nasional pendidikan Tinggi yang ditetapkan Pemerintah. Untuk meningkatkan wawasan global, UNRIYO juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa institusi di luar negeri antara lain UTM Malaysia, Loughborough University UK, St Paul University Philipina, NeuroMuscular Taping (NMT) Institute Italy,  ACAP, AABC,  kemudian baru saja ditandatangani adalah MoU UNRIYO dengan National Taipei University of Nursing and Health Sciences dan lain-lain

Selain itu, UNRIYO mengukir banyak prestasi, salah satunya adalah Pencapaian tingkat kelulusan First Taker Uji Kompetensi Nasional Kebidanan dan Fisioterapi pada 2021 mencapai 100%, sedangkan Kelulusan First Taker Uji Kompetensi Nasional Ners (UKNI) pada Tahun 2021 rata-ratanya  adalah 95,23%. Kampus kita yang dilengkapi dengan Lab CBT  juga selalu dijadikan tuan rumah UKNI.

Dan tahun ini, UNRIYO bersama 28 PT lainnya dari total 4.600 PT yang ada di Indonesia terpilih oleh Kementerian Kesehatan RI sebagai salah satu universitas yang menerapkan Health Promoting University (HPU). Sebuah kebanggaan sekaligus tantangan, UNRIYO terpilih sebagai salah satu dari 2 Perguruan Tinggi Swasta di DIY dan yang menginisiasi HPU dibawah bimbingan UGM.

Diakhir sambutannya Rektor Universitas Respati Yogyakarta berpesan kepada mahasiswa baru agar dapat menjadi mahasiswa UNRIYO yang berprestasi, penuh integritas, beretika serta adaptif di segala situasi.

.

Berita Sebelumnya Jepret dan Promosikan Produk, Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO Latih UMKM Pasar Rebo Miliran
Berita Selanjutnya Webinar A-Z Broadcasting Gelaran Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO