<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

YOGYAKARTA (ILKOM) – “Siapa nih yang di ruangan ini suka menulis? Boleh angkat tangannya,” tanya Cak Sol. Seketika ruangan yang awalnya riuh dengan tepuk tangan meriah menjadi hening. Kemudian terlihat di kursi baris depan dan tengah hanya satu dua mahasiswa yang sedang mengacungkan tangannya. Sambil tersenyum Dosen Ilmu Komunikasi itu pun melempar candaan khasnya yang mengundang gelak tawa peserta yang hadir saat mengenalkan materi terkait peminatan Jurnalistik dan Fotografi di Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Respati Yogyakarta.

“Menulis itu adalah skill bukan hafalan makanya tidak banyak yang menyukainya,” kata Mohammad Solihin yang akrab dipanggil Cak Sol ini yang kemudian menjelaskan kenapa dan bagaimana nantinya peluang karir peminatan Jurnalistik Fotografi kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 22 dan 23 di acara “Rendezvous With Ilmu Komunikasi UNRIYO 2023”, Rabu (11/10/2023) lalu.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian,” tambahnya dengan gaya bahasa yang santai dan enak didengar mengutip quote dari Pramoedya Ananta Toer.

Tidak hanya pengenalan jurnalistik dan fotografi saja, acara gelaran Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) UNRIYO ini juga mengajak peserta berdiskusi dan berinteraksi mengenai budaya belajar, mata kuliah, mengkonsentrasikan program studi dan pemaksimalan potensi mahasiswa melalui Unit Kegiatan Program Studi (UKP) Ilmu Komunikasi, Universitas Respati Yogyakarta, serta mengenalkan peminatan lainnya yakni Broadcasting Radio dan Televisi, serta pengenalan HIMAKOM UNRIYO dan rencana pelaksanaan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) HIMAKOM UNRIYO.

“Jangan lupa yah untuk teman-teman angkatan 22 dan 23 mengikuti rangkaian kegiatan HIMAKOM serta LDK dalam waktu dekat ini,” terang Ibnu Bastian Nur Dwi Cahyo, Ketua HIMAKOM UNRIYO periode 2022-2023 yang juga mahasiswa angkatan 20.

Hari pun menjelang sore, ruangan Audio Visual Kampus 1 UNRIYO tidak hanya dipenuhi dengan pameran karya mahasiswa hasil kelas Fotografi dan Jurnalistik Fotografi yang berjajar, namun juga semangat dan antusias peserta mendengarkan penjelasan demi penjelasan yang disampaikan oleh panitia dari HIMAKOM UNRIYO.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menambah keakraban dengan mahasiswa angkatan 22 dan 23 serta mereka lebih tahu lagi mengenai budaya belajar dan berorganisasi,” harap Ibnu yang kini sudah memasuki semester 7. (Penulis: Jenifer Dwi Yuferlis Sara Nalle, Sarbania. Foto: Jenifer Dwi Yuferlis Sara Nalle. Editor: CS)

 

Follow INSTAGRAM: @ilkom_unriyo
FACEBOOK: Prodi Ilmu Komunikasi Unriyo
YOUTUBE CHANNEL: Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO

.

Berita Sebelumnya Kadek Rahma Sari, Wisudawan Terbaik Se-UNRIYO Tahun 2022 Peraih IPK Sempurna 4.0, Ini Dia…
Berita Selanjutnya Waspada Hoaks dan Konten Negatif, Dosen Ilmu Komunikasi UNRIYO Bekali Pengurus RW 02 Miliran…