<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

“Kuliah pakar tak menyurutkan semangat mahasiswa untuk hadir meskipun terselenggara di tengah kondisi PPKM dan kegawatan pandemi COVID-19”

Program Studi Kebidanan Program Sarjana Universitas Respati Yogyakarta telah menyelenggarakan kuliah pakar hari pertama dengan tema “Persalinan Lancar Mendukung Masa Nifas dan Menyusui yang Bahagia dan Bayi Sehat” pada tanggal 2 Agustus 2021, yang dihadiri oleh 12 mahasiswa semester 4 dan 13 dosen serta staff prodi kebidanan program sarjana, melalui platform zoom meeting sebagai rangkaian proses kegiatan belajar mengajar dengan menghadirkan pakar khususnya dalam asuhan kebidanan dalam masa persalinan, bayi baru lahir, nifas, dan bayi balita anak prasekolah pada mahasiswa kebidanan program sarjana.

Ketua program studi kebidanan program sarjana, Zahrah Zakiyah, S.Si.T., M.Keb., menjelaskan dalam sambutannya bahwa, kuliah pakar hari pertama tersebut sangat sesuai dengan tujuan pembelajaran supaya mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengimplementasikan upaya-upaya yang dilakukan untuk mendukung profesionalisme pelayanan kebidanan melalui aspek kognitif, afektif dan konatif dalam penerapan mata kuliah Asuhan kebidanan pada masa persalinan dan bayi baru lahir, asuhan kebidanan pada masa nifas, dan asuhan kebidanan pada masa bayi balita dan anak prasekolah.

Kuliah pakar di hari pertama ini menghadirkan pembicara yang merupakan akademisi dan praktisi dalam bidang kesehatan ibu dan anak. Topik yang disampaikan antara lain: Update tatalaksana perdarahan postpartum oleh Dr.dr. Eugenius Phyoway Ganap, Sp.OG (K), Tatalaksana dan evaluasi pelaksanaan Manajemen  Terpadu Bayi Muda (MTBM) di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) oleh Iphigienia Iradati, SKM., S.Tr.Keb., M.Kes., peran konselor ASI pada kasus mastitis oleh Yuna Trisuci Aprilia, S.ST.,M.Kes., mastitis: pencegahan dan penanganannya oleh dr.Diannisa Ikarumi Enisar Sangun, Sp.OG (K), Kupas tuntas pneumonia dan COVID-19 pada bayi, balita dan anak pra sekolah dari segi biomedik oleh dr. Dito Anurogo, M.Sc., dan Sharing session: Penatalaksanaan kasus anak berkebutuhan khusus di FKTP oleh Enong Mardiana, S.ST., M.Keb.

Kuliah pakar ini direncanakan berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 2 hingga 5 Agustus 2021 yang akan dihadiri oleh seluruh mahasiswa semester 2 dan 4 prodi kebidanan program sarjana Universitas Respati Yogyakarta. Sejumlah total 17 pakar pada mata kuliah Asuhan Kebidanan pada Masa Persalinan dan Bayi Baru Lahir; Asuhan Kebidanan pada Masa Nifas; Asuhan Kebidanan pada Masa Bayi, Balita, dan Anak Prasekolah; Etika dan Hukum Kesehatan; Profesionalisme Pelayanan Kebidanan; Promosi Kesehatan dalam Pelayanan Kebidanan; serta Komunikasi Efektif dan Konseling.

 

.

Berita Sebelumnya Telah Terbit! MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 1 Nomor 2 Desember 2021, Apa Saja Isinya?
Berita Selanjutnya “Kuliah pakar Be A Story Teller : Bercerita Hasil Penelitian Universitas Respati Yogyakarta”