<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

Yogyakarta - Universitas Respati Yogyakarta, Memasuki Tahun Akademik 2022/2023, Universitas Respati Yogyakarta mengadakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) sebagai upaya pengenalan mahasiswa baru terhadap kampus dan sivitas akademika yang ada di kampus serta sebagai wahana awal pembentukan watak bagi mahasiswa baru agar dapat menjalani kehidupan kampus yang sesungguhnya. Diikuti lebih dari 800 mahasiswa baru dan berpusat di Kampus 1 UNRIYO Jalan Laksda Adisutjipto Yogyakarta, PKKMB ini digelar selama tiga hari mulai 30 Agustus hingga 01 September 2022 dan merupakan pertama kalinya digelar secara tatap muka setelah 2 tahun Pandemi Covid-19 melanda, PKKMB dilaksanakan secara daring sesuai dengan arahan Pemerintah. Mahasiswa baru UNRIYO tahun ini berasal dari 33 provinsi dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia. Ada juga mahasiswa asing yang kuliah di UNRIYO. Keragaman para mahasiswa ini, kembali mengukuhkan UNRIYO sebagai kampus Bhineka Tunggal Ika.

Materi yang disampaikan pada mahasiwa baru meliputi sistem pendidikan tinggi, pencegahan bahaya narkoba, anti intoleransi, sadar lingkungan dan kampus sehat, revolusi industri 4.0, sampai anti kekerasan (perundungan) sesuai dengan arahan dari Dirjen Belmawa Kemendikbudristek RI dan pengenalan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Menurut Rektor UNRIYO, Prof. Dr. dr. Santoso MS., Sp.Ok., materi revolusi industri 4.0 penting diberikan kepada para mahasiswa baru agar mereka siap menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif akibat terjadinya disrupsi teknologi, dimana sebagian pekerjaan akan hilang dan digantikan dengan artificial intelegence. Kami berharap disamping untuk mengenal kampus, PKKMB juga sebagai persiapan mahasiswa untuk memulai perkuliahan. Adanya pelonggaran aktivitas sosial pasca pandemi dan berlangsungnya pendidikan tatap muka, diharapkan para mahasiswa baru dapat beradaptasi dan mempersiapkan diri dengan kebiasaan-kebiasaan seperti sebelum pandemi, ujar beliau.

Rektor UNRIYO, Prof. Dr. dr. Santoso, MS., Sp.Ok memasangkan atribut PKKMB pada perwakilan MABA

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Fransiska Lanni MS. menambahkan pada Tahun Akademik ini pihak kampus telah melaksanakan perkuliahan secara langsung seiring melandainya kasus Covid-19 di DIY. Sejak bulan Januari 2022, para mahasiswa telah kembali ke kampus secara bertahap untuk mengikuti pembelajaran tatap muka termasuk KKN pada bulan Juni hingga Juli lalu. Beberapa mata kuliah kemungkinan ada yang masih secara daring, akan tetapi pada Semester Gasal ini akan lebih banyak tatap muka.

Oleh karena itu, vaksinasi booster juga menjadi syarat utama bagi para mahasiswa untuk kembali ke kampus. Bagi yang belum booster, kampus siap menfasilitasi untuk vaksinasi ketiga yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman melalui Puskesmas yang menaungi Kampus UNRIYO.

Dr. Fransiska Lanni, MS menyampaikan materi Implementasi Sistem Pendidikan Tinggi di UNRIYO

Hari kedua pelaksanaan PKKMB, mahasiswa baru berada di Fakultas masing masing untuk mengikuti kegiatan dan pengenalan Fakultas secara lebih mendalam, dan hari ketiga kegiatan pengenalan Prodi yang dilanjutkan dengan penutupan.

Penutupan ditandai dengan pelepasan atribut PKKMB dan pemakaian jas almamater UNRIYO pleh Wakil Rektor 1, Dr. Fransiska Lanni, MS

Dalam kegiatan PKKMB tahun 2022 ini, panitia yang diketuai oleh Tanti Nurgiyanti, S.IP, M.A juga menyelenggarakan lomba video kreatif Reels Instagram yang mengusung tema Bela Negara. Dari 20 kelompok mahasiswa, terpilih 4 kelompok yang menjadi Juara 1, Juara 2, Juara 3 dan Juara Favorit. Juara 1 dimenangkan oleh Kelompok 11, yaitu Kelompok dr. Soetomo.

Juara 2 jatuh kepada Kelompok 9, yakni Kelompok Dewi Sartika. Sedangkan Juara 3 diraih oleh Kelompok 2, yaitu Kelompok Tjut Mutia. Sementara itu, Juara Favorit diberikan kepada Kelompok 17, yakni Kelompok Ahmad Yani. Penilaian didasarkan pada unsur pengambilan gambar, teknis pengeditan, isi pesan dan engagement, berupa jumlah like, comment dan share yang diperoleh masing-masing unggahan.

 

Para perwakilan kelompok pemenang berfoto bersama Ketua tim Juri Bapak Galant Nanta Adhitya, S.S., M.A.

.

Berita Sebelumnya Telah Terbit! Edisi Juni 2022 MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi
Berita Selanjutnya Kuliah Pakar Mahasiswa Semester 2 & 4 Program Studi Kebidanan Program Sarjana Program Studi…