<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

YOGYAKARTA – Gadis kelahiran Sleman Yogyakarta ini nyaris meraih IPK sempurna dengan nilai IPK 3,91. Nilai akademiknya rata-rata mendapat nilai A atau angka 4.0. Bagi Nia Ayu Hanifah, menjadi mahasiswa dengan mendapat penghargaan sebagai lulusan terbaik tingkat Prodi Ilmu Komunikasi memang impian semua mahasiswa komunikasi. Ia pun meraihnya dan mulai menceritakan bagaimana perjalanan proses studi yang ditempuhnya dibangku perkuliahan hingga menjadi lulusan terbaik di tingkat prodinya.

Menempuh kuliah 8 semester selama 4 tahun tentu tidak mudah menjalaninya, apalagi bisa lulus dengan predikat Cum Laude dan menjadi lulusan terbaik. Harus ada persiapan dan strategi untuk bisa menjadi yang terbaik dari mahasiswa lainnya. Sedari awal, Nia, begitu sapaan akrabnya sudah menyadari hal tersebut dan bersiap diri dengan hanya terfokus dalam satu hal, yakni pada akademiknya. Meskipun begitu, Ia juga mengikuti kegiatan organisasi.

“Awal masuk kuliah di UNRIYO saya bertekad untuk fokus pada tujuan kuliah. Semester awal belajar sebaik mungkin dengan mengambil sks maksimum. Yaitu mengambil semester di atasnya sehingga tidak terasa berat di semester akhir karena banyaknya sks,” kata Nia Ayu Hanifah saat ditemui di sela-sela akhir prosesi Wisuda UNRIYO Ke-23 Program Diploma dan Sarjana yang diselenggarakan secara daring dan luring, Selasa (29/3/2022) lalu di Ballroom Indraprasta, Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta..

“Mau nggak mau ya saya harus pintar-pintar dalam membagi waktunya antara kegiatan akademik dengan kegiatan organisasi agar bisa selesai studi tepat waktu,” tambahnya.

Untuk bisa membagi waktu antara kuliah dengan kegiatan, Nia membuat strategi mengatur manajemen waktu dengan baik. Pada saat ada tugas kuliah langsung dikerjakan dengan tidak menunda-nundanya. Sehingga, tidak terburu-buru mengerjakan dan bisa maksimal dalam mengerjakannya. Setelah selesai fokus pada satu hal yaitu tugas kuliah, baru kemudian fokus ke organisasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) FISE UNRIYO sehingga tidak kepikiran mengerjakan tugas kuliah yg belum diselesaikan jika sedang ada kegiatan organisasi.

Ditanya perihal rencana setelah lulus, Nia menjawab ingin fokus berkarir dulu setelah menyandang gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom) dan sebagai lulusan terbaik di fakultasnya. Harapannya mendapatkan pekerjaan sesuai dengan ilmu yang telah ditempuh selama 4 tahun ini. Nia juga memberikan tips jika ingin menjadi mahasiswa yang baik bagi adik-adiknya mahasiswa ilmu komunikasi.

“Jangan meremehkan mata kuliah apapun selama kuliah. Pastinya, kita harus selalu berdoa sebelum dan setelah melakukan pekerjaan apapun itu, dan jangan lupa juga untuk selalu berusaha tidak menunda-nunda menegrjakan tugas hanya karena alasan kegiatan organisasi, apalagi menunda mengerjakan skripsi,” tutupnya.

Tahun ini Progam Studi Ilmu Komunikasi Program Sarjana telah meluluskan sebanyak 22 mahasiswa, dengan 12 mahasiswa yang meraih predikat Cum Laude (lulus dengan pujian). Selamat kami ucapkan kepada mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi yang telah menyandang gelar S.I.Kom atau Sarjana Ilmu Komunikasi. Semoga apa yang dicita-citakan tercapai dengan ilmu yang sudah didapatkan selama 4 tahun ini bermanfaat dan menjadi bekal untuk para wisudawan  Ilmu Komunikasi dalam menjalani dunia yang baru. (Faridatus Sholikhah, Editor: CS)

 

Follow INSTAGRAM: @ikom.respati 
FACEBOOK: Prodi Ilmu Komunikasi Unriyo 
YOUTUBE CHANNEL: Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO

.

Berita Sebelumnya Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO Bersama Pakar, Artis, dan Akademisi Mengucapkan Selamat Idul…
Berita Selanjutnya Prodi Kebidanan Program Diploma Tiga Bekerjasama dengan IHCA (Indonesian Holistic Care Association)…