Collaborative General Lectures in Accounting & English Language sebagai Realisasi Kerjasama UNRIYO dan St. Paul Univ. Phillipines

Pada tanggal 27 Oktober 2021 Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE), Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) menyelenggarakan kegiatan Collaborative General Lectures di bidang akuntansi dan bahasa Inggris bekerjasama dengan School of Business, Accountancy, and Hospitality Management dan School of Arts, Sciences and Teacher Education St. Paul University Philippines (SPUP). Kegiatan tersebut merupakan realisasi dokumen MoA (Memorandum of Agreement) yang ditandatangani oleh tiga Dekan dari dua universitas pada bulan Maret 2021. Dalam dokumen MoA tersebut tercatat bahwa pada tahun 2021 akan diselenggarakan kegiatan kolaboratif berupa kuliah umum dengan peserta mahasiswa akuntansi/bisnis dan bahasa/sastra Inggris dari UNRIYO dan SPUP.

Kegiatan Collaborative General Lectures dilaksanakan secara virtual dengan platform Zoom Meeting dan dimulai pada pukul 07.00 WIB atau 08.00 waktu Filipina, dengan total sekitar 400 peserta. Sesi pembukaan dipandu oleh Jeremy G. Morales, Ph.D yang juga merupakan Direktur Kerjasama Internasional SPUP, dan diawali dengan penyampaian Statement of Purpose oleh Ka.Biro Pengembangan dan Kerjasama UNRIYO, Dwi Astuti, S.Si., M.M. Setelah itu kemudian dilakukan penyampaian pesan oleh Rektor UNRIYO yang diwakilkan oleh WR II, Dr. Setiyanto, DEA. dan Presiden SPUP, Sr. Merceditas Ang, SPC.

Pada sesi utama kuliah umum peserta diarahkan menuju breakout room Accounting dan English Language. Kuliah umum akuntansi bertemakan “The Challenges and Opportunities of IT in Accounting dimoderatori oleh Divine C. Suyu (BS in Accountancy - 4, SPUP) dan memandu penyampaian materi berjudul “The Changes in Business Environment” oleh Dr. Charito Manuel-Guillermo, CPA. yang juga merupakan Dekan School of Business, Accountancy, and Hospitality Management, SPUP. Setelahnya, Putra Wanda, Ph.D., dosen Prodi Informatika UNRIYO, menyampaikan materi berjudul “The Impacts of IT for Accounting”. Sedangkan kuliah umum bahasa Inggris bertemakan “English Language and Literature in Digital Era dimoderatori oleh Marites S. Tenedor dari Faculty of Language and Literature, SPUP. Materi pertama disampaikan oleh Evelyn Elizabeth Pacquing, Ph.D., selaku Koordinator Program Teacher Education and Languages, berjudul “Pathways in Teaching English in Online Environments”. Materi berikutnya berjudul “English Language Trends among Youngsters” disampaikan oleh KPS Sastra Inggris UNRIYO, Apriliana Hapsari, S.S., M.Hum. Setelah penyampaian materi masing-masing kuliah umum dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab dipandu oleh moderator.

Di akhir masing-masing kuliah umum, disampakan closing remarks dari masing-masing institusi. Closing remarks di kuliah umum akuntansi disampaikan oleh Dr. Charito Guillemo, DBM, Dekan School of Business, Accountancy, and Hospitality Management, SPUP dan Khaula Lutfiati Rohmah, SE.Ak, M.Ak. CA, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNRIYO. Sedangkan closing remarks kuliah umum bahasa Inggris disampaikan oleh Dr. Fe Mallari, Dekan School of Arts, Sciences and Teacher Education, SPUP dan Tri Septa Nurhantoro, S.S., M.Hum, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNRIYO. Dalam closing remarks disampaikan bahwa kegiatan Collaborative General Lectures ini telah terlaksana dengan baik, dan diharapkan pada tahun-tahun berikutnya akan dilaksanakan secara rutin diikuti dengan kegiatan-kegiatan akademik lain yang ditujukan untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan di masing-masing institusi.  (tsn)

.

Berita Sebelumnya PRESTASI YANG DICAPAI UNRIYO YOGYAKARTA DALAM UJI KOMPETENSI NASIONAL
Berita Selanjutnya Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO, Warhi Pandapotan Rambe dan Dian Rhesa Rahmayanti Terpilih…