<?php echo $berita_read->judul_berita ?>

YOGYAKARTA (ILKOM) – Motivasi dan tekad yang kuat menjadikan Frisca Priscillia Leda Yanggu atau yang biasa dikenal dengan sapaan Icha ini menjadi salah satu dari sembilan anggota Satgas PPKS UNRIYO periode 2023-2024 yang dilantik. Icha merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Program Sarjana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Univeritas Respati Yogyakarta angkatan tahun 2020.

Secara resmi dirinya telah dilantik langsung oleh Rektor Universitas Respati Yogyakarta bersama dengan sembilan anggota Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Universitas Respati Yogyakarta periode 2023-2024, Kamis (16/2/2023) lalu di Kampus 2 UNRIYO, Jalan Raya Tajem KM. 1.5, Maguwoharjo, Depok, Kenayan, Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sembilan anggota Satgas PPKS UNRIYO ini sebelumnya telah menjalani proses seleksi dan juga uji publik pada bulan Desember 2022 sebelum dinyatakan layak untuk menjadi anggota Satgas PPKS UNRIYO.

“Sama dengan delapan anggota lainnya, saya juga telah menjalani beberapa tahapan atau proses seleksi yakni seleksi administrasi, tes wawancara, dan uji publik hingga dinyatakan layak menjadi anggota Satgas PPKS UNRIYO,” terang mahasiswa yang kini di semester 6 ini.

Icha sedang menjalani tahapan seleksi wawancara calon anggota PPKS UNRIYO

Icha menyampaikan bahwa menjadi anggota Satgas PPKS UNRIYO ini membawa dampak positif bagi kehidupannya.

“Saya merasa senang sekaligus bangga setelah terpilih menjadi anggota Satgas PPKS UNRIYO. Kegiatan ini merupakan kegiatan positif sehingga dapat membantu saya untuk menambah pengalaman saya dalam mengikuti berbagai kegiatan-kegiatan positif,” ujar mahasiswa yang pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan “21 Hari Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan” yang diselenggarakan oleh Lembaga Pemberdayaan Perempuan Provinsi Nusa Tenggara Timur dan “Aksi Inklusi Disabilitas” oleh Yayasan Helping Hands ini.

“Kegiatan ini tentu saja bukan hanya membawa dampak positif bagi diri saya sendiri tapi bagi orang lain juga khususnya sesama mahasiswa,” lanjutnya.

Setelah sah dilantik menjadi anggota Satgas PPKS UNRIYO, Icha memiliki rencana dalam waktu dekat ini untuk mengedukasi teman-teman mahasiswa di Universitas Respati Yogyakarta tentang bahaya serta bentuk-bentuk kekerasan seksual dan juga cara agar terhindar dari tindakan atau perilaku-perilaku kekerasan seksual.

Icha juga menyatakan bahwa dia memiliki motivasi dan tekad yang kuat sehingga ia mau untuk menjadi anggota Satgas PPKS.

“Motivasi yang secara khusus tidak ada. Tapi saya sadar kalau saat ini kampus menjadi tempat yang rentan terhadap kasus kekerasan seksual, pelecehan dan sebagainya. Saya juga milihat angka kekerasan di Indonesia masih sangat tinggi sehingga mendorong saya untuk menjadi salah satu dari banyak orang yang ingin mencegah dan membantu menangani kekerasan seksual,” tutur mahasiswa kelahiran Lewa Paku, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, 21 tahun lalu.

Icha saat pemotretan setelah pelantikan satgas PPKS

Dirinya juga mengingatkan kepada teman-teman sesama mahasiswa untuk sama-sama peduli terhadap adanya kekerasan seksual dengan cara ikut serta mencegahnya dan menanganinya.

“Untuk teman-teman mahasiswa khususnya teman-teman Ilmu Komunikasi UNRIYO mari kita sama-sama peduli terhadap orang sekitar, terhadap sesama kita dengan cara kita membantu menyuarakan tentang kasus kekerasan seksual,” Sarannya yang berharap kedepannya banyak mahasiswa yang juga termotivasi dan sadar akan pencegahan dan penanganan terhadap kasus kekerasan seksual khususnya di dalam lingkungan kampus. (Penulis dan Fotografer: Jenifer Dwi Yuferlis Sara Nalle. Editor: CS)

 

Follow INSTAGRAM: @ilkom_unriyo
FACEBOOK: Prodi Ilmu Komunikasi Unriyo
YOUTUBE CHANNEL: Prodi Ilmu Komunikasi UNRIYO

.

Berita Sebelumnya Kunjungan Industri
Berita Selanjutnya LIVE Streaming Wisuda UNRIYO Program Diploma dan Sarjana Tahun 2023