Visi

Menjadi PS yang unggul di bidangkeperawatanbencanadanmampubersaing di tingkat global padatahun 2032

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat (Tri Dharma PerguruanTinggi) yang berkualitas dan berdayasaing global dalam bidang keperawatan bencana
  2. Menyelenggarakan manajemen akademikdan non akademik di program studid engan system tata kelola yang professional (good government)
  3. Mengembangkan kerjasama dan jejaring dengan berbagai pihak di tingkat nasional dan internasional

Penyelenggaran Program Pendidikan Profesi Ners mendapat rekomendasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) nomor 083/PP.PPNI/K/III/2008 tertanggal 11 Maret 2008 dan selanjutnya Program Ners mendapat izin dari Dikti nomor 267/D/O/2008 tertanggal 31 Desember 2008. 

Program Pendidikan Profesi Ners merupakan kelanjutan dari Pendidikan Sarjana Keperawatan sebagai wujud kepedulian Institusi terhadap masalah kesehatan di Indonesia sesuai dengan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran PS yang dijabarkan dari FIKES dan UNRIYO yaitu menjadi PS yang bermutu dalam menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat untuk menghasilkan Sarjana Keperawatan dan Ners yang profesional serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2032

Peluang Kerja

Kompetensi

Bidang kerja

  1. Mampu melakukan komunikasi secara efekti
  2. Mampu memberikan asuhan keperawatan yang lengkap dan berkesinambungan yang menjamin keselamatan klien sesuai standar asuhan keperawatan dan berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah atau belum tersedia 
  3. Mampu memberikan asuhan keperawatan pada area spesialisasi (keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, atau keperawatan komunitas (termasuk keperawatan keluarga dan keperawatan gerontik) sesuai dengan delegasi dari ners spesialis; 
  4. Mampu melaksanakan prosedur penanganan trauma dasar dan jantung (basic trauma and cardiac life support/BTCLS) pada situasi gawat darurat/bencana sesuai standar dan kewenangannya; 
  5. Mampu memberikan (administering) obat oral, topical, nasal, parenteral, dan supositoria sesuai standar pemberian obat dan kewenangan yang didelegasikan; 
  6. Mampu menegakkan diagnosis keperawatan dengan kedalaman dan keluasan terbatas berdasarkan analisis data, informasi, dan hasil kajian dari berbagai sumber untuk  
  7. Menetapkan prioritas asuhan keperawatan;
  8. Mampu menyusun dan mengimplementasikan perencanaan asuhan keperawatansesuai standar asuhan keperawatan dan kode etik perawat, yang peka budaya, menghargai keragaman etnik, agama dan faktor lain dari klien individu, keluarga dan masyarakat; 
  9. Mampu melakukan tindakan asuhan keperawatan atas perubahan kondisi klien yang tidak diharapkan secara cepatdan tepat dan melaporkan kondisi dan tindakan asuhan kepada penanggung jawab perawatan;
  10. Mampu melakukan evaluasi dan revisi rencana asuhan keperawatan secara reguler dengan/atau tanpa tim kesehatan lain;
  11. Mampu melakukan komunikasi terapeutik dengan klien dan memberikan informasi yang akurat kepada klien dan/atau keluarga /pendamping/penasehat utnuk mendapatkan persetujuan keperawatan yang menjadi tanggung jawabnya;
  12. Mampu melakukan studi kasus secara teratur dengan cara refleksi, telaah kritis, dan evaluasi serta peer review tentang praktik keperawatan yang dilaksanakannya;
  13. Mampu melaksanakan penanganan bencana sesuai SOP; 
  14. Mampu melakukan upaya pencegahan terjadinya pelanggaran dalam praktik asuhan keperawatan;
  15. Mampu mengelola sistem pelayanan keperawatan dalam satu unit ruang rawatdalam lingkup tanggungjawabnya; 
  16. Mampu melakukan penelitian dalam bidang keperawatan untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis organisasi; 
  17. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program promosi kesehatan, melalui kerjasama dengan sesama perawat, profesional lain serta kelompok masyarakat untuk mengurangi angka kesakitan, meningkatkan gaya hidup dan lingkungan yang sehat

 

Penguasaan pengetahuan

  1. Menguasai nilai-nilai kemanusiaan(humanity values);
  2. Menguasai teknik, prinsip dan prosedur pelaksanaan asuhan/ praktik keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok , pada bidang keilmuan keperawatan dasar, keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, keperawatan keluarga, keperawatan gerontik, dan keperawatan komunitas, keperawatan gawat darurat dan kritis, manajemen keperawatan, serta keperawatan bencana
  3. Menguasai konsep dan teknik penegakkan diagnosis asuhan keperawatan 
  4. Menguasai konsep teoretis komunikasi terapeutik
  5. Menguasai konsep, prinsip, dan teknik penyuluhan kesehatan sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan penyakit pada level primer, sekunder dan tertier
  6. Menguasai prinsip dan prosedur bantuan hidup lanjut (advance life support) dan penanganan trauma (basic trauma cardiac life support/BTCLS) pada kondisi kegawatdaruratan dan bencana 
  7. Menguasai konsep dan prinsip manajemen keperawatan secara umum dan dalam pengelolaan asuhan keperawatan kepada klien di berbagai tatanan pelayanan kesehatan 
  8. Menguasai pengetahuan faktual tentang sistem informasi asuhan keperawatan dan kesehatan
  9. Menguasai prinsip-prinsip patien, hak dan perlindungan kerja ners, keselamatan pasien dan perawatan berpusat atau berfokus pada pasien

 

Sikap Khusus  

  1. Mampu berkontribusi dalam mengembangkan profesi keperawatan.
  2. Mampu menggunakan prinsip-prinsip peningkatan kualitas berkesinambungan dalam praktik. 
  3. Mampu mengembangkan potensi diri untuk meningkatkan kemampuan profesional 
  4. Mampu melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebijakan yang berlaku di bidang kesehatan.
  5. Mampu memberikan dukungan kepada tim asuhan dengan mempertahankan akontabilitas asuhan keperawatan yang diberikan. 
  6. Mampu memberikan asuhan keperawatan dalam lingkup tanggung jawabnya sesuai standar dan etik profesi.
  7. Mampu melaksanakan asuhan keperawatan profesional di tatanan klinik dan komunitas dengan menggunakan hasil penelitian, serta menerapkan aspek etik dan legal dalam praktik keperawatan. 
  8. Mampu memberikan asuhan yang berkualitas secara holistik, kontinyu, dan konsisten. 
  9. Dapat menjadi pemimpin dalam lingkup keperawatan di komunitas.
  10. Mampu mengaplikasikan kepemimpinan dan manajemen keperawatan. 
  11. Mampu mengaplikasikan jiwa kepemimpinan dalam memberikan pelayanan, dan atau aktivitas keperawatan di area bidang kerjanya.
  12. Mampu melakukan komunikasi yang efektif dalam pemberian asuhan keperawatan. 
  13. Mampu menggunakan ketrampilan interpersonal yang efektif dalam kerja tim.
  14. Mampu mengkolaborasikan berbagai aspek dalam pemenuhan kebutuhan kesehatan klien. 
  15. Mampu mempertahankan lingkungan yang aman secara konsisten melalui penggunaan strategi manajemen kualitas dan manajemen resiko. 
  16. Mampu mewujudkan lingkungan kerja yang kondusif.
  17. Mampu mencegah dan menyelesaikan konflik dalam tim.
  18. Berperan sebagai warga negara yang bermanfaat bagi profesi dan masyarakat, mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan sesuai bidang pekerjaannya, berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan negara, serta berperan dalam mendukung dan menjaga perdamaian dunia.
  19.  Mampu manjaga nama baik diri sendiri, keluarga, profesi, bangsa dan negara.
  20. Mampu bekerja sama dengan unsur terkait di masyarakat dalam menerapkan asuhan keperawatan

Informasi Selengkapnya

Kunjungi website program studi Profesi NERS   Klik Disini

Daftarkan dirimu sekarang untuk bergabung dengan UNRIYO di 2021.

Raih gelar pendidikan tinggi Anda di Universitas Respati Yogyakarta. Anda akan menemukan pengalaman belajar untuk membentuk karakter yang berintegritas, serta didukung dengan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk mengembangkan potensi Anda.