Visi

Menjadi Prodi S1 Ilmu Komunikasi yang unggul dan terpercaya untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia profesional dan memiliki jiwa kewirausahaan di Bidang penyiaran dan jurnalistik fotografi yang dapat bersaing di tingkat nasional dan regional

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, selanjutnya dirumuskan misi Prodi Ilmu Komunikasi FISE UNRIYO sebagai berikut:

  1. Melaksanakan pendidikan tinggi yang berorientasi pada  pengembangan kualitas sumber daya manusia di bidang Ilmu Komunikasi konsentrasi Penyiaran dan Jurnalistik & Fotografi.
  2. Melaksanakan penelitian ilmiah di bidang ilmu komunikasi
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Ilmu Komunikasi
  4. Membangun jejaring dan kerjasama dengan masyarakat, instansi pemerintah dan swasta baik ditingkat lokal, regional, nasional maupun global di bidang Ilmu Komunikasi khususnya Penyiaran serta Jurnalistik Fotografi.

Bidang komunikasi pada era globalises! ini mengalami perkembangan yang luar biasa terutama dibidang media massa; apakah itu media cetak, media siar, media on-line serta fotografi. Reformasi di Indonesia menambah pesat perkembangan dunia komunikasi, berbagai ragam media massa terbit hampir di setiap kota besar. Perkembangan media massa yang pesat tersebut secara signifikan diikuti pula dengan perkembangan di bidang penyiaran (broadcasting) serta jurnalistik dan fotografi.


Kedua bidang ini sangat berhubungan erat dengan berbagai ragam media massa. Untuk mengantisipasi kebutuhan media massa, dibutuhkan kemampuan dan ketrampilan sumber daya manusia yang profesiona! di bidang komunikasi, Mencermati peluang diatas, Universitas Respati Yogyakarta mulai Tahun Akademik 2009/2010 membuka Program Studi S1 llmu Komunikasi dengan 2 Peminatan yaitu Penyiaran (Broadcasting) serta Jurnalistik Fotografi.

Peluang Kerja

  • Kurikulum yang dibuat berdasarkan hasil survey dari kebutuhan di dunia kerja.
  • Kegiatan praktikum yang mendukung upaya penguasaan berbagai ketrampilan praktek (skill) di bidang Penyiaran (Broadcasting) serta Jurnalistik dan Fotografi.
  • Kemampuan bahasa asing bidang komunikasi sebagai bekal kerja dalam menghadapi persaingan global.
  • Kerjasama dengan instansi swasta maupun pemerintah untuk penyaluran magang mahasiswa agar mahasiswa mengetahui dunia kerja.

Kompetensi

Kami mengarah ke bidang penyiaran (Radio dan Televisi) dan bidang Jurnalistik Fotografi. Menghasilkan lulusan yang ahli di bidang tersebut baik sebagai akademisi, peneliti, maupun sebagai wirausahawan/ entrpreneur.

1.  Mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi  di bidang:

a.  Jurnalistik Fotografi

Mampu mengaplikasikan pengetahuan Jurnalistik Fotografi yang didasarkan  pada  pemahaman  mendalam konsep  toritis  dan praktis tentang  Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Massa, Dasar-dasar Jurnalistik, Jurnalistik  Media  Cetak,  Fotografi,  dan Jurnalistik Media On-line.

b.  Penyiaran (broadcasting)

Mampu  mengaplikasikan  pengetahuan  penyiaran  radio  yang didasarakan  pada  pemahaman  mendalam konsep  teori  dan praktek  tentang  Pengantar Ilmu Komunikasi  Komunikasi Massa, Orientasi  Penyiaran Radio,  Teknik  Penyiaran  Radio  dan Jurnalistik Radio & Televisi.

Mampu  mengaplikasikan  pengetahuan  penyiaran  televisi  yang didasarakan  pada  pemahaman mendalam  konsep  teori  dan praktek  tentang  Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Massa, Orientasi Penyiaran  Televisi,  Teknik  Penyiaran  Televisi  dan Jurnalistik Radio & Televisi.

2.  Mampu mengkaji ilmu pengetahuan  dan teknologi dalam menyelesaikan masalah bidang:

a.  Jurnalistik Fotografi

Mampu  menganalisis  dan  memberikan  berbagai  ide  sebagai pilihan  solusi  yang  tepat  dan  rasional terhadap  masalah Jurnalistik Fotografi dengan menggunakan berbagai pendekatan teoritis yang ada dalam teori komunikasi, analisis isi & framing, semiotika komunikasi, dan kritik foto.

b.  Penyiaran (broadcasting)

Mampu  menganalisis  dan  memberikan  berbagai  ide  sebagai pilihan  solusi  yang  tepat  dan  rasional terhadap  masalah  dalam penyiaran  radio  dan  televisi  dengan  menggunakan  berbagai pendekatan teoritis yang ada dalam teori komunikasi, analisis isi & framing, semiotika komunikasi.

3.  Mampu  membuat  karya  bidang  jurnalistik  fotografi  dan  penyiaran (broadcasting)  dengan memanfaatkan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi di bidang-bidang tersebut.

a.  Jurnalistik Fotografi

Memiliki kapasitas memproduksi dan mengelola ide menjadi sebuah produk  jurnalistik  fotografi  melalui penguasaan mendalam  srategi kreatif,  manajemen fotografi, manajemen media cetak, manajemen media on-line, produksi foto jurnalistik, dan produksi media cetak.

b.  Penyiaran (broadcasting)

Mampu  mengelola dan memproduksi ide menjadi produk penyiaran radio  dan  produk  penyiaran  televisi dengan  dilandasi  penguasaan mendalam  teori  dan  praktek  produksi  program  radio,  produksi program televisi,  produksi  program  berita  TV  &  dokumenter,  dan produksi program talkshow.

4.  Mampu  menguasai  dan  mengoperasionalkan  peralatan  teknologi  di bidang:

a.  Jurnalistik Fotografi

Mumpuni dalam penguasaan dan pengoperasian peralatan fotografi, komunikasi visual grafis, serta aplikasi komputer grafis dan audio

b.  Penyiaran (broadcasting) 

Mumpuni  dalam  penguasaan  pengoperasian  peralatan  teknologi komunikasi  visual  grafis,  teknik penyiaran  radio,  teknik  penyiaran televisi, aplikasi komputer video dan audio. 

Informasi Selengkapnya

Kunjungi website program studi S1-Ilmu Komunikasi   Klik Disini

Daftarkan dirimu sekarang untuk bergabung dengan UNRIYO di 2021.

Raih gelar pendidikan tinggi Anda di Universitas Respati Yogyakarta. Anda akan menemukan pengalaman belajar untuk membentuk karakter yang berintegritas, serta didukung dengan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk mengembangkan potensi Anda.